Beberapa Macam Cara Merawat Layar Laptop

  • Whatsapp
Beberapa Macam Cara Merawat Layar Laptop

Perangkat elektronik di zaman yang serba canggih seperti ini, memiliki design dan bentuk yang sangat mudah dibawa ketika bepergian dalam urusan bisnis atau lainnya, seperti halnya laptop. Nah, agar tetap selalu awet tahan lama perhatikan beberapa macam cara merawat layar laptop.

Cara Merawat Layar Laptop Dengan Baik dan Benar

Dalam rangka menjaga keawetan pada laptop, Anda harus mengupayakan diri seperti melakukan pembersihan di setiap sisi keyboard laptop agar tidak menumpuk banyak debu dan kotoran yang menempel serta menjaga / merawat layar agar selalu awet bahkan hingga bertahun – tahun lamanya.

  1. Matikan Laptop Sebelum Dibersihkan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mematikan laptop terlebih dahulu ketika hendak membersihkan layarnya. Hal ini dilakukan agar terhindar dari adanya konsleting yang biasanya disebabkan dari bahaya koneksi listrik di dalam laptop.

Apalagi jika Anda mematikan laptop, otomatis layarnya ikut mati. Sehingga debu dan kotoran akan lebih mudah terlihat, jadi pembersihan layar menjadi cepat dan bersih. Gunakan lap lembut dan jangan menggunakan lap basah. Kemudian mengantisipasi konsleting listrik pada layar laptop.

  1. Menggunakan Kain Kering

Cara merawat layar laptop selanjutnya ialah menggunakan kain kering yang lembut. Usahakan membersihkannya dengan perlahan-lahan dan juga hindarilah tekanan secara berlebih terhadap layar laptop, sebab mengantisipasi adanya goresan atau bahkan konsleting dikarenakan tekanan jari.

Bila hanya terdapat debu di layar laptop, Anda hanya cukup membersihkannya dengan menggunakan mikrofiber saja dan lakukan sebuah usapan secara lembut. Jika nodanya keras, gunakan air dan jangan pakai bahan kimia. Bisa juga menambahkan cuka ke dalam airnya.

Baca : Cara Mengatasi Layar Laptop Warna Putih

  1. Menggunakan Kain yang Lembut

Dalam rangka membersihkan layar laptop, ada baiknya Anda memerhatikan tekanan saat mengelap kacanya. Pastikan untuk menggunakan sebuah kain yang memiliki bahan lembut, hal ini dilakukan agar menghindari dari bekas goresan dari kain tersebut yang terlalu kasar saat dipakai lap.

Ada baiknya juga menggunakan kain mikrofiber dan juga kain dengan bahan katun, kain ini merupakan jenis yang sangat direkomendasikan sebagai alat pembersih layar laptop secara aman agar tak mudah tergores. Jadi, pastikan bahan kainnya aman saat Anda pakai mengelap layar.

  1. Menyemprotkan Larutan ke Kain

Jika Anda merasa mengelap layar laptop menggunakan kain saja tidak cukup, maka bisa menambahkan sedikit cairan pembersih ke kain tersebut untuk dapat membantu mengangkat debu atau kotoran yang ada di layar laptop. Akan tetapi hindarilah dengan cara menyemprotkan ke kaca.

Ada baiknya Anda menyemprotkan cairan pembersihnya ke kain / lapnya saja bukan ke layar laptopnya secara langsung. Dengan menyemprotkannya langsung ke kaca justru akan mengakibatkan risiko seperti korsleting atau bisa saja layar terbakar karena terkontaminasi oleh air.

  1. Memastikan Layar Laptop Kering Sebelum Digunakan

Setelah melakukan pembersihan pada layar laptop, jangan langsung digunakan begitu saja. Ada baiknya Anda menunggu sampai kacanya benar – benar mengering secara sempurna. Kemudian  lihatlah cairan pembersih yang dipakai utuk membersihkan layar laptop sudah kering atau belum.

Jadi, pastikan bekas dari cairan pembersih layar laptopnya sudah kering terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kerusakan komponen dikarenakan kelembapan atau bahkan sisa embun maupun cairan yang tersisa dan menempel di layar / kaca laptop Anda.

Seperti itulah penjelasan singkat terkait pembahasan mengenai beberapa macam cara merawat layar laptop dengan baik dan benar agar alat elektronik tersebut bisa awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun lamanya. Pastikan merawat dengan baik.

Related posts