Berikut Efek Kunyit untuk Asam Lambung yang Perlu Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Kunyit

Asam lambung yang naik dan memicu GERD memang kondisi yang sangat tidak nyaman. Karena ketika asam lambung naik akan menyebabkan beberapa gejala yang cukup mengganggu penderitanya, seperti sensasi terbakar pada bagian dada (heartburn), nyeri pada ulu hati, mulut terasa asam dan pahit, sakit tenggorokan, suara serak, sulit menelan karena seperti ada yang menyangkut di tenggorokan, serta makanan yang sudah ditelan dan masuk ke perut kembali naik ke bagian mulut.

Agar rasa tidak nyaman akibat asam lambung naik bisa berangsur-angsur reda atau sembuh, maka sebaiknya segera lakukan upaya penyembuhan. Kamu bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami di sekitar yang dipercaya berkhasiat untuk mengatasi asam lambung, yaitu kunyit. Kunyit selama ini memang kerap digunakan sebagai salah satu bumbu masak oleh masyarakat Indonesia.

Namun ternyata, rempah-rempah yang memiliki ciri khas dengan rimpangnya yang berwarna orange ini juga bisa digunakan untuk pengobatan tradisional. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk mengobati kondisi asam lambung.

Menurut sebuah penelitian, asam lambung naik bisa terjadi karena peradangan dan stres oksidatif. Sehingga untuk mengatasinya bisa dengan antioksidan dan anti radang. Untuk efek anti radang dan antioksidan ini ternyata menurut studi lain terdapat pada kunyit dan ekstrak kurkumin.

Dari penelitian inilah, bisa disimpulkan jika efek kunyit untuk mengatasi asam lambung memang benar adanya. Dengan menggunakan kunyit, diklaim bisa membantu meredakan gejala asam lambung naik atau GERD.

Namun meskipun begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk penggunaan kunyit sebagai obat saat asam lambung naik. Hal ini lantaran kunyit bisa berperan sebagai zat pengencer darah alami. Sehingga tidak sembarang orang bisa mengkonsumsi kunyit tanpa konsultasi dokter terlebih dahulu.

Terutama bagi mereka yang sedang minum obat pengencer darah, kunyit tentunya menjadi salah satu yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Dan untuk konsumsi kunyit jangka lama pun juga perlu berhati-hati. Karena rempah-rempah yang satu ini jika dikonsumsi jangka panjang dan dosis tinggi bisa meningkatkan resiko gangguan pencernaan, seperti mual, diare, dll.

Belum lagi jika setelah dikonsumsi, efek kunyit malah menimbulkan reaksi alergi tertentu, seperti kulit gatal-gatal, jantung lebih cepat berdetak, kesulitan bernapas, dll maka sebaiknya hentikan penggunaan dan segera periksakan ke dokter. Namun sebenarnya jika Kamu menggunakan, sebaiknya lakukan langkah aman berikut ini:

  • Gunakan kunyit bersama dengan lada hitam atau jenis suplemen yang mengandung piperin agar hasilnya lebih optimal.
  • Hindari mengkonsumsi kunyit bersamaan dengan ketika mengkonsumsi obat pengencer darah.
  • Konsumsi kunyit secukupnya saja, yaitu tidak lebih dari 1.500 mg per harinya.

Sebenarnya untuk mengatasi asam lambung naik bisa dengan menerapkan gaya hidup sehat. Kamu bisa mulai dengan rutin berolahraga, menjaga berat badan tetap ideal, mengurangi kebiasaan merokok, tidak langsung berbaring setelah makan, menghindari jenis makanan yang bisa memicu asam lambung naik, dll. Dan jika asam lambung naik, Kamu bisa minum obat yang memang sudah terbukti aman dan terpercaya, yaitu dengan Promag Double Action.

Kandungan bahan di dalam Promag Double Action mampu membantu menetralkan asam lambung, seperti calcium carbonate dan magnesium hydroxide. Selain itu terdapat kandungan bahan di dalamnya, seperti Famotidine bisa membantu mengurangi produksi asam lambung untuk sementara waktu.

Kamu bisa mengkonsumsi Promag Double Action 2 tablet per harinya, yaitu saat siang hari dan malam hari sebelum makan. Kunyah Promag Double Action terlebih dahulu sebelum menelannya bersama dengan air minum. Agar tidak panik saat asam lambung naik, sebaiknya selalu sedia Promag Double Action di rumah maupun di tas bawaan Kamu.

Ada satu tambahan lagi dari saya yaitu kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai obat herbal atau informasi dan tips mengenai penyakit asam lambung pada website promag, dan terima kasih sudah membaca sampai selesai semoga hari – hari kamu selalu menyenangkan dan sampai bertemu di pembahasan lainya.

Related posts