Cara Membuat Kue Bolu Kukus

  • Whatsapp
Kue Bolu Kukus

Kue memang banyak sekali jenis dan rasanya. Tidak heran jika kue selalu muncul inovasi baru. Seperti kue bolu kukus sudah banyak inovasinya. Bukan hanya itu saja kue bolu kukus ini juga memiliki rasa dan warna yang unik. Ada kue bolu kukus batik, kue bolu kukus lumer dan lainnya. Anda bisa juga berkreasi dengan kue bolu kukus. Apalagi kue bolu kukus ini sendiri tidak membutuhkan oven jadi anda gampang membuatnya. Berikut resep masakan simple membuat kue bolu kukus.

  1. Kue Bolu Kukus Pandan

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah telur 4 butir, gula 120 gram, tepung terigu 160 gram, sp 1 sendok teh, backing powder 1 sendok teh, mentega 100 ml, kental manis 50 ml, santan kelapa 30 ml, dan pewarna pandan hijau. Anda bisa siapkan toppingnya juga yaitu keju cheddar yang diparut.

Anda lelehkan dahulu mentegannya dan sisihkan. Sekarang mixer telur, gula, dan sp. Blender hingga putih dan kental. Selanjutnya masukkan tepung terigu sedikit demi sedikiy. Aduk dengan blender dengan kecepatan paling rendah. Setelah itu masukkan santan dan kental manisnya. Aduk lagi dengan spatula dan masukkan mentega cairnya beserta pewarna makanan pandan sedikit saja. Aduk hingga semua tercampur dan masukkan dalam cetakan bolu kukus. Siapkan kukusan dan kukus hingga matang. Saat setengah matang masukkan kejunya.

  1. Kue Bolu Kukus Cokelat Almond

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu kukus cokelat almond adalah telur 3 butir, gula 100 gram, sp, backing powder, minyak sayur 50 ml, bubuk cokelat secukupnya, tepung terigu 130 gram, dan almond panggang belah secukupnya.

Anda masukkan telur dan gula ke dalam wadah mixer. Setelah itu masukkan sp dan backing powder. Mixer hingga berjejak putih dan mengembang. Tepung terigu masukan dikit semi sedikit dan aduk lagi. Masukkan minyak sayur dan bubuk cokelaty sedikit saja. Aduk lagi hingga semuanya tercampur. Jangan sampai tidak rata karena kuenya akan pecah dan belah. Masukkan ke dalam cetakan dan setelah itu taburkan kacang almondnya ke seluruh kue. Kukus hinga matang dengan menusukkan tusukan sate.

  1. Kue Bolu Kukus Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah yang banyak sekali vitamin baik untuk tubuh. Bagus sekali jika dicampurkan dengan kue bolu. Bahan yang perlu anda siapkan adalah tepung terigu 180 gram, telur 4 butir, gula 125 gram, sp, backing powder dan vanili. Siapkan mentega yang dilelehkan 100 ml, buah naga 2 buah dan kental manis 2 sachet.

Siapkan dulu buah naga yang diblender hingga hancur. Tidak usah dicampur dengan air memblendernya. Mixer telur, gula dan sp. Setelah adonan kuenya mengembang dan berjejak. Anda masukkan mentega cair. Kemudian masukkan tepung terigu sedikit dahulu. Aduk dengan spatula dan masukkan lagi tepung terigunya. Kemudian aduk dan masukkan kental manis. Terakhir masukkan buah naga yang sudah diblender tadi. aduk lagi dan kemudian siapkan Loyang kue yang sudah diberikan mentega dan tepung. Kukusan siapkan dan masukkan bolunya. Setelah matang anda bisa memberikan topping. Anda bisa memberi krim kocok dan kemudian berikan toping ceres, keju dan lainnya. Agar lebih enak anda bisa mnemberikan topping coklat leleh dari dark coklat compound. Anda bisa menambahkan keju atau juga kacang almond ke atasnya.

Related posts