Cara untuk Mencegah Terjadinya Kekerasan pada Anak, Penting!

  • Whatsapp
Kekerasan pada Anak

Kekerasan terhadap anak memang sudah menjadi hal yang biasa terdengar dan sulit sekali untuk dicegah. Namun bukan berarti kekerasan terhadap anak tidak bisa dicegah. Ada banyak cara yang efektif untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak mulai dari sikap orang tua yang sabar dan perhatian lebih kepada sang anak. Hal itu tentunya adalah hal yang sangat penting di dalam rumah untuk perkembangan mental sang anak. Nah kali ini saya akan memberikan informasi cara mencegah terjadinya kekerasan anak. Penasaran seperti apa? Simak ulasan berita terbaru hari ini di Seluruh Dunia sebagai berkut.

1. Kontrol emosi

Mengontrol emosi atau sabar adalah hal yang sangat penting bagi orang tua terhadap anaknya. Memang ada saja hal yang membuat kita kesal karena kelakuan sang anak. Namun sebisa mungkin kita menanggapi hal itu dengan tidak berlebihan. Banyak sekali orang tua yang bersikap eras kepada anaknya sehingga hal itu malah membuat sang anak tidak percaya diri. Kita sebagai orang tua harus menjadi contoh yang terbaik bagi anak kita. Dan hal terakhir kalian harus sering mengapresiasi apa pun yang dilakukan sang anak, jika anak salah beritahulah ia dengan nada yang lembut.

2. Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik juga merupakan hal yang penting antara hubungan anak dan orang tua. Komunikasi yang baik bertujuan agar sang anak memiliki kepercayaan untuk bercerita apa pun kepada orang tua. Dan jika komunikasi sudah terjalin dengan baik, maka kita harus mengarahkan sang anak jika ia bercerita apa pun tentang hal yang ia alami. Sebab banyak sekali anak yang takut atau malas bercerita kepada orang tua, dan jika hal ini terjadi bukan tidak mungkin anak kita tidak mendapatkan arahan yang baik dan dapat menimbulkan hal yang buruk.

3. Memantau dan Menemani

Anak umumnya sangat senang ditemani, dan kita sebagai orang tua baiknya selalu menemani sang anak sambil memantau aktivitasnya. Hal ini penting karena dari hal ini kita bisa mengetahui hal apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anak kita. Memang di sekolah mereka memiliki guru dan teman, namun jika dirumah mereka juga harus ditemani dan dipantau dengan baik. Kita dapat memberikan arahan dengan cara bercerita tentang hal yang ia suka, dan kalian juga bisa bertanya tentang hal apa saja yang sudah ia alami di sekolah.

4. Edukasi

Edukasi yang kami maksud yaitu, kita sebagai orang tua ada baiknya selalu memberikan arahan kepada anak. Arahan tersebut bisa saja tentang hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan, dan tentunya dengan bahasa anak-anak. Kita juga bisa mengajari anak untuk selalu baik kepada orang lain dan tidak boleh melakukan hal yang tidak baik. Hal ini jika terus dilakukan buka tidak mungkin akan mencegah anak kita melakukan tindakan kekerasan terhadap temannya maupun dirinya sendiri. Dan jika ingin lebih dari itu, maka kita harus mengajarkan keberanian kepada ana, karena keberanian juga merupakan modal yang sangat penting untuk bergaul di lingkungan sekolahnya.

Nah itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara mencegah terajadinya kekerasan fisik terhadap anak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus memantau aktivitas anak baik aktivitas yang berhubungan dengan fisik maupun mental. Kita sebagai orang tua juga tidak boleh terus-menerus menyalahkan anak, agar sang anak tidak merasa berkecil hati.

Related posts