Fungsi dan Cara Menjaga Kesehatan Pada Kulit

  • Whatsapp
Cara Menjaga Kesehatan Pada Kulit

Pada umumnya kita sering mengabaikan dan tidak merawat kulit dan Lapisan kulit dengan baik. Mulai dari sekarang, kulit kita harus tetap di jaga kesehatannya. Kulit merupakan organ terluar dan terbesar dalam tubuh manusia. Kulit juga memiliki banyak peran yang dapat melindungi tubuh dan juga berperan sebagai pemeliharaan kesehatan pada tubuh kita.

Dengan adanya kulit yang berada di bagian terluar pada tubuh, hal tersebut menjadikan kulit sangatlah rentan terhadap masalah-masalah terutama dari faktor eksternal. Sayangilah kulit kita, rawat dan jaga Lapisan kulit, agar tetap sehat dan segar. Sebenarnya, apa sih yang mendasari fungsi pada kulit? Untuk apa kita memiliki kulit?

Kita akan menguak apa fungsi dari kulit bagi tubuh kita, sehingga bagian organ dalam tubuh kita tetap terjaga. Simak ulasan berikut ini!

Fungsi Kulit

Terdapat 5 fungsi kulit pada tubuh kita, secara umumnya sebagai berikut :

  • Melindungi tubuh

Kulit berperan sebagai salah satu organ tubuh yang terluas dan terbesar, memiliki fungsi sebagai perlindungan bagi tubuh. Kulit melindungi seperti bagian tulang, otot, pembuluh darah, ligamen, sel saraf, dan sel organ dalam tubuh lainnya.

Kulit juga memiliki peran sebagai daya tahan pada tubuh. Sebagaimana melindungi kita dari berbagai macam kuman yang sangatlah berbahaya. Ketika salah satu kulit kita mengalami luka contohnya di lutut, hal itu memerlukan perawatan yang bersih dan baik agar tidak terjadi infeksi.

  • Menjaga suhu tubuh

Kulit dapat berperan untuk mengatur suhu pada tubuh. Kulit akan merespon naik atau turunnya suhu tubuh, yang di kirim dari otak melalui sinyal yang saling berhubungan.

Kulit juga dapat berfungsi sebagai pendingin pada tubuh saat tubuh kita mengalami kepanasan, begitu pula sebaliknya pada saat cuaca dingin. Saat tubuh kita kepanasan, tubuh kita akan meneluarkan buih kelenjar keringat melalui kulit.

  • Menjadi Indera¬†perasa

Fungsi kulit juga dapat berperan sebagai Indera perasa. Pada bagian kulit memiliki ujung saraf yang sangat banyak dan beragam. Pada saraf tersebut memiliki fungsi sebagai indera perasa manusia terhadap suhu dingin atau panas, getaran, tekanan, sentuhan, hingga rasa nyeri dan sensasi rasa lainnya yang dirasakan oleh tubuh kita.

  • Menyimpan lemak dan membantu proses sintesis vitamin D

Fungsi selanjutnya berfungsi sebagai pusat penyimpanan air dan lemak pada tubuh kita. Tugas lemak membantu kulit sebagai penyangga dari otot dan tulang agar keduanya teteap menempel.

Setelah itu, dimungkinkan berlangsungnya proses sintesis pada vitamin D yang mana diperoleh melalui sinar matahari. Sinar matahari tersebut akan tembus mengenai kulit tubuh kita.

  • Mendukung penampilan

Fungsi terakhir pada kulit, yang mana kulit merupakan salah satu organ tubuh kita yang pertama kali dilihat oleh orang lain. Untuk itu, warna dan tekstur yang ada pada kulit kita dapat mendukung penampilan, daya tarik, dan juga kepercayaan pada diri seseorang.

Perlu di garis bawahi bagi kita semua! Memiliki warna kulit apapun mulai dari putih, kuning langsat, sawo matang, hingga hitam tidaklah menjadi masalah pada penampilan kita. Karena kita memiliki inner beauty masing-masing pada diri kita, tidak melihat fisik. Akan tetapi, bukan berarti kita mengabaikan kulit kita.

Kita juga perlu menjaga kesehatannya agar tetap sehat, bersih, dan segar. Sering-seringlah berolahraga, agar kulit kita semakin kencang dan mencegah penuaan. Membersihkan kulit dua kali sehari, dengan melakukan mandi untuk membersihkan seluruh kulit anggota badan. Gunakan pelembab setiap hari, agar kulit tetap lembap dan tidak kering. Gunakanlah tabir surya jika sedang beraktivitas diluar ruangan.

Related posts