Hampir Punah! Ini Dia 5 Jenis Kucing Langka di Dunia

  • Whatsapp
Hampir Punah! Ini Dia 5 Jenis Kucing Langka di Dunia

Kebanyakan orang, tentunya hanya mengetahui beberapa jenis kucing saja yang biasanya berseliweran di masyarakat. Namun, siapa sangka bahwa ternyata masih banyak jenis kucing yang ada di dunia. Bahkan, kucing-kucing ini tergolong langka dan punya populasi yang sedikit sehingga tidak sembarangan bisa ditemukan dan hampir punah. Nah, berikut ini adalah 5 jenis kucing langka di dunia yang punya penampilan menggemaskan. Apa sajakah jenisnya tersebut?

  1. African Golden Cat

Banyak yang salah kaprah karena kucing langka yang satu ini punya nama African Golden Cat. Kebanyakan masyarakat menyangka bahwa kucing ini punya warna seperti emas. Padahal tidak semua kucing jenis ini punya warna emas, lho! Ada juga beberapa kucingnya yang memiliki warna kemerahaan, hingga abu-abu. Meskipun memang dari warna tersebut ada perpaduan warna emasnya.

Kebanyakan jenis kucing langka di dunia yang satu ini hidup di kawasan hutan hujan daerah khatulistiwa. Yang membuatnya menjadi kucing langka karena memang warnanya yang sangat unik dan penampilannya yang sangat lucu. Sehingga banyak orang yang sengaja memburunya dan menyembabkan kucing jenis ini terancam kepunahan.

  1. Caracal Cat

Dari namanya saja sudah unik, ya. Ternyata memang benar, kucing jenis ini punya penampilan yang sangat unik juga. Salah satunya adalah dari ujung telinga yang lebih panjang dan ada kesan melengkungnya. Jika biasanya kucing yang sering ditemukan punya ukuran pendek, maka kucing yang satu ini sangat pang di telinga.

Salah satu keunikan dari kucing Caracal adalah kemampuan bertahan hidupnya yang cukup ekstrim. Bahkan meskipun tidak diberi minum dalam jangka waktu yang lama, kucing ini masih sanggup bertahan hidup. Untuk menemukan jenis kucing langka di dunia ini hany bisa ditemukan di kawasan Asia dan Afrika.

  1. Serval Cat

Jika Anda bertemu dengan kucing ini, pasti akan menyangka bahwa si kucing adalah anak macan tutul. Memang, dari segi penampilannya kucing Serval sangat mirip sekali rupanya dengan macan tutul. Namun, khusus versi dan ukuran kucing. Kakinya lebih panjang dari biasanya, dan beberapa golongan percaya bahwa kucing ini adalah nenek moyang dari cheetah juga singa. Kucing ini pun termasuk langka karena tidak bisa sembarang hidup. Ia hanya hidup di kawasan padang Savana tepatnya di Afrika.

  1. Margay Cat

Jika biasanya Anda seringkali melihat kucing berkeliaran di siang hari, justru akan berbeda dengan jenis kucing langka di dunia yakni Margay Cat. Pasalnya, kucing ini lebih sering keluar pada malam hari untuk mencari makanan. Sehingga pada siang hari sangat jarang sekali ditemukan. Sementara untuk bentuknya, jika dilihat sekilas tidak jauh berbeda seperti kucing kampung. Hanya saja, ukurannya cenderung lebih kecil dengan bentuk kaki yang lebih panjang. Anda bisa menemukan kucing jenis ini hanya di daerah Meksiko juga Brazil.

  1. Pallas Cat

Kucing yang ini merupakan spesies tertua yang ada di dunia. Tak jarang, kucing Pallas menjadi salah satu kucing yang hampir punah karena populasinya tinggal sedikit lagi. Dari segi rupanya, kucing Pallas memiliki bulu yang sangat tebal. Sehingga jika dilihat ukurannya akan lebih besar jika dibandingkan dengan kucing biasa termasuk anggora atau persia.

Keunikan lainnya adalah dilihat dari bentuk wajah yang bulat dan jumlah giginya yang sedikit. Kucing ini hanya hanya di daerah Eropa dan bahkan salah satu kucingnya sudah berkembang hingga lebih 12 tahun lamanya.

Nah, itulah beberapa jenis kucing langka di dunia. Karena keunikan bentuk, warna maupun wajahnya seringkali membuat masyarakat memburu kemudian dijual. Padahal jika dibiarkan, populasi kucing langka ini bisa semakin banyak dan tentunya akan melestarikan populasi kucing langka yang ada.

Related posts