Hindari Aktivitas Ini, Agar Ketiak Tak Bau

  • Whatsapp
Agar Ketiak Tak Bau

Kalian pasti sedang kebingungan untuk menghindari dari sengatan bau ketiak, dan bergegas mencari tahu cara merawat ketiak agar tetap wangi agar saat melakukan aktivitas yang sedang dilakukan tetap nyaman dan pede bergerak sesukanya. Tidaklah heran jika kalian memasuki masa pubertas, hormon-hormon pada tubuh kamu bekerja dengan normal dan maksimal. Hal itu dapat menyebabkan keringat yang keluar menjadi salah satu penyebab ketiak kamu bau, lho. Bukan hanya itu saja, bagian tubuh kamu lainnya juga dapat menghasilkan bau.

Bagian tubuh yang menyebabkan bau biasanya terdapat pada tubuh yang mempunyai lekukan/lipatan, pada bagian tubuh yang melekuk/berlipat biasanya mempunyai intensitas lebih bau dibandingkan dengan tubuh yang terbuka. Beberapa bagian tubuh yang melekuk berlipat seperti pada selangkangan, paha dan pada bagian lekukan tubuh lainnya. Akan tetapi, sumber yang menjadi penyebab bau yang berlebihan akibat keringat dan sangat berpengaruh menjadikan bau pada keseluruhan badan adalah lipatan pada ketiak.

Pasalnya, terdapat bakteri yang memecah molekul keringat yang ada di ketiak, kemudian menyekresinya kemudian menjadikan aroma yang dihasilkan lebih menyengat dari biasanya. Kebanyakan orang untuk melakukan cara merawat ketiak agar tetap wangi, biasanya mereka menggunakan  deodoran. Akan tetapi, deodoran juga terkadang malah mengakibatkan menambahnya varietas bakteri pada ketiak kamu, untuk itu kamu harus memilih deodoran yang sekiranya cocok pada kulit kamu.

Ini dia penyebab dari ketiak kamu menjadi bau yang perlu kamu ingat dan ketahui, agar kamu dapat tahu dan segera untuk mengatasinya.

  1. Terjadi akibat mandi tak bersih

Mandi tidak bersih adalah salah satu penyebab yang menjadikan ketiak kamu menjadi bau. Dalam mandi, pastinya kita melakukan penyabunan keseluruh badan yang terutamanya pada bagian sela-sela atau lipatan tubuh.

Dimana lipatan atau sela tubuh tersebut merupakan salah satu bagian tubuh yang menghasilkan sumber keringat yang lebih banyak dan menyebabkan seluruh tubuh menjadi bau badan, karena lipatan atau sela tubuh adalah tempat berkumpul dan bersarangnya kuman dan bakteri yang disebabkan keringat. Oleh karena itu, diperlukan usaha yang kerus untuk dapat memberikan semua bagian tubuh kamu saat mandi, agar badan tetap sehat.

  1. Mengonsumsi makanan yang beraroma kuat

Nomor dua yang menyebabkan bau ketiak adalah dengan mengonsumsi makanan yang beraroma kuat seperti bawang, petai, jengkol, daging merah dan kari. Jika kamu terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut, maka akan menjadikan ketiak beraroma sangat kuat dari biasanya. Walaupun kamu sudah banyak mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup.

Hal itu terjadi karena makanan yang beraroma kuat memiliki zat senyawa kimia yang tidak dapat hilang melalui proses pencernaan dan akan menjadi bau yang bisa tertinggal di kulit dan saat kemih.

  1. Melakukan aktivitas berlebih

Melakukan aktivitas yang berlebihan memang akan menimbulkan keringat yang berlebihan, seperti olahraga. Keringat olahraga memanglah sangat baik untuk kesehatan dan kamu tidak perlu khawatir lagi.

Untuk menghindari bau keringat yang disebabkan oleh olahraga, di anjurkan untuk menjaga kebersihan agar kamu segera bergegas mandi dan mengganti baju, agar bau keringat tidak mengendap lama pada tubuh.

  1. Premenstrual Syndrome (PMS)

Masalah selanjutnya penyebab yang dialami oleh para wanita saat akan menjelang menstruasi dan saat menstruasi. Berdasarkan penelitian Charles University wanita memiliki bau badan lebih menyengat ketika menjelang menstruasi. Namun, ketika sudah melewati masa menstruasinya, wanita akan memiliki aroma yang harum karena memasuki masa yang subur.

Kondisi tersebut alami dilakukan oleh setiap wanita. Bagi kalian para wanita mudah saja untuk mengatasi hal tersebut dengan mandi yang bersih, dengan memakai deodoran, mengganti pakaian setiap kali mengalami gerah dan juga memakai wewangian.

  1. Grogi dan stress

Berdasarkan penelitian psikologi ketiak bau juga dapat disebabkan akibat kita sedang grogi dan stres. Keringat akan muncul ketika tubuh mengalami situasi yang tidak nyaman, secara langsung mengaktifkan sistem saraf simpatik tubuh sehingga tubuh merespons dengan detak jantung yang lebih kencang, telapak tangan pun akan berkeringat termasuk produksi keringat pada bagian ketiak dan biasanya akan berbau sangat menyengat.

Untuk itu jagalah kebersihan selalu, gunakanlah deodoran atau parfum dengan tepat, aturlah pola makan, hal itu akan mengurangi bau badan pada tubuh kamu.

Related posts