Inilah Jenis Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

  • Whatsapp

Banyak jenis makanan kaya zat besi yang mengandung zat besi baik untuk tubuh dan juga menjaga kesehatan. Makanan ini bisa kamu temukan dan konsumsi kapanpun dan di manapun kamu berada. Makanan yang Mengandung Zat Besi sangat baik, karena zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu fungsi utama dari zat besi adalah sebagai komponen pembentuk hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah. Hb ini berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh. Selain itu, zat besi juga bermanfaat dan berfungsi penting dalam normal daya tahan tubuh.

Karena pentingnya zat besi bagi tubuh, jika kamu kekurangan zat besi bisa menyebabkan terhambatnya pasokan hemoblogin dalam darah. Berbagai penyakit yang akan muncul salah satunya adalah kekurangan darah merah atau anemia. Anemia defisiensi zat besi (IDA) merupakan salah satu jenis anemia yang paling umum, suatu kondisi ketika darah kekurangan sel darah merah sehat yang cukup yang membantu mengangkut oksigen ke jaringan tubuh. Sesuai namanya, IDA disebabkan oleh zat besi yang tidak mencukupi. Nah inilah jenis makanan kaya zat besi yang harus kamu ketahui sebagai berikut:

Kuning Telur

Makanan yang mengandung zat besi selanjutnya sangat mudah kamu temui, yaitu telur. Telur adalah makanan kesukaan banyak orang dan menjadi salah satu makanan yang mudah ditemui dan di dapatkan.

Telur mengandung semua mineral, termasuk zat besi, dan vitamin B. Namun zat besi pada telur paling banyak ditemukan pada kuningnya. Jadi jika kamu ingin mendapatkan asupan zat besi yang cukup, kamu bisa mengonsumsi kuning telur.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan, kacang polong, hingga kacang kedelai merupakan makanan yang mengandung zat besi. Di dalam 100 gram kacang kedelai saja mengandung 10 miligram zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 7,5 miligram zat besi.

Jadi kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan untuk meningkatkan zat besi dalam tubuhmu atau memenuhi kebutuhan akan zat besi dalam tubuh.

Bayam

Siapa yang tidak tahu dengan sayuran hijau yang satu ini. Manfaatnya dan juga kandungan nutrisi dalam bayam memang tidak diragukan lagi. Salah satu kandungan nutrisi dari bayam adalah zat besi. Makanan yang mengandung zat besi ini mengandung lebih dari 2 miligram zat besi, vitamin A, vitamin E, kalsium, dan serat dalam 100 gram.

Tiram

Salah satu makanan laut ini juga menjadi makanan yang mengandung zat besi. Selain tiram, makanan laut lain juga mengandung zat besi seperti cumi dan ikan. 100 gram kerang atau tiram dapat mengandung setidaknya 5 miligram zat besi. Selain itu tiram juga dipercaya mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 dan seng.

Nasi Putih

Ternyata makanan yang sering kita konsumsi yaitu nasi, mengandung zat besi yang cukup banyak. Dalam satu cangkir nasi putih saja bisa mengandung kurang lebih 8 miligram zat besi. Selain itu, nasi juga merupakan makanan yang menjadi sumber karbohidrat yang baik. Nasi juga mengandung zat mangan, serta rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

Brokoli

Sayur brokoli juga merupakan makanan yang mengandung zat besi. Selain itu brokoli juga dipercaya mengandung vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Brokoli juga merupakan makanan tinggi antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah penuaan dini. Setiap 100 gram brokoli mengandung 0,75 miligram zat besi.

Related posts