Intip Fakta Imunitas Tubuh untuk Lawan Infeksi Corona

  • Whatsapp
Intip Fakta Imunitas Tubuh untuk Lawan Infeksi Corona

Ditengah wabah corona yang cukup membuat masyarakat panik dan cemas, pemerintah terus menggencarkan sosial distancing. Selain itu, pemerintah terutama kementerian kesehatan menyarankan warga untuk tetap memiliki tubuh yang sehat dan kekebalan tubuh yang baik. Kekebalan tubuh yang baik akan membantu berbagai hal asing akan dilawan, selain itu kekebalan tubuh akan menurunkan resiko sembari tetap menjaga kebersihan dengan cuci tangan secara rutin.

Berikut adalah fakta tentang kekebalan tubuh manusia diantaranya:

  • Sistem imun bekerja layaknya militer dan memiliki fungsi unik untuk menjalankan tugasnya untuk menjaga tubuh, limfosit bekerja untuk mengingat bakteri, virus, mikroba yang menyerang tubuh sehingga akan lebih cepat melawan infeksi, sumsum tulang dan kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel darah putih.
  • Setiap harinya tubuh akan bertemu ribuan bakteri dan tidak semuanya berbahaya karena terdapat mikroba baik dalam menjaga kesehatan seperti bifidobacteria dan lactobacillu untuk membantu kelancaran pencernaan di usus.
  • Sesuai dengan penelitian rasa bahagia akan membuat kekebalan tubuh semakin kuat dan emosi positif akan mengurangi infeksi pada dada, dan orang yang tidak bahagia akan tiga kali lebih mengalami flu dan semakin bahagia akan mengurangi stres dan imun tubuh bekerja lebih baik.

Stres akan menurunkan kekebalan tubuh dan memicu adanya hormon kortisol berjumlah besar yang membahayakan kesehatan mental dan fisik. Hal ini membuat sistem imun melemah dan menyebabkan tubuh lebih rentan terkena sakit dan stres akan meningkatkan ketegangan di area sistem peredaran darah serta meningkatnya denyut jantung. Kurang tidur akan membuat tubuh lebih mudah terinfeksi virus, saat tidur tubuh akan melepas protein sitokin untuk membantu kenyamanan tidur lebih lama dan jika kurang tidur dalam waktu lama akan menyebabkan penyakit pada pembuluh darah, jantung, obesitas dan diabetes.

Fakta kekebalan tubuh adalah ketika terdapat reaksi alergi yang menyerang tubuh dan merespon sebagai sesuatu hal yang tidak berbahaya dan menganggap sebagai ancaman. Hal ini membuat tubuh akan mengalami pilek, gatal hingga pingsan karena jika tidak berbahaya tubuh dengan sistem imun akan memberikan respon berlebih oleh karena itu jika terserang alergi maka segera minum obat. Vaksin berperan untuk membantu kekebalan tubuh, sistem kekebalan tubuh dapat menghasilkan antibodi dalam melawan penyakit, dengan adanya vaksin maka tubuh akan tahu cara melemahkan bakteri maupun virus yang masuk dalam tubuh sehingga tidak akan mudah jatuh sakit. Dalam kasus wabah corona walaupun jarang ditemui telah ada pasien yang merasakan gejala autoimun dimana imun tubuh menyerang tubuh yang sehat menjadi rusak. Penyakit ini lebih banyak mengincar perempuan dibandingkan laki-laki, penyakit ini ditemukan setelah mengalami penyakit jantung dan kanker.

Berikut adalah cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

  • Sering tertawa, mampu mengurangi stres, memberikan daya tahan tubuh, melawan penyakit dan menangkal infeksi, tertawa mampu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan suasana hari.
  • Aktifitas fisik akan melepaskan enforfin yang membuat suasana hati dan perasaan lebih positif, mengubah sel darah putih dan antibodi pada tubuh yang membantu melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu untuk mendapatkan imunitas tubuh yang baik selama wabah corona sebaiknya mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tidur cukup akan membantu adrenalin dan kortisol turun sedangkan melatonin akan tetap meningkat dalam mengatasi berbagai peradangan. Dapat juga mengonsumsi kunyit dengan aroma serta warna yang baik pada masakan, hal ini akan membantu peningkatan kapasitas imnunomodulasi.

Related posts