Kuliah Sambil Bekerja, kenapa tidak?

  • Whatsapp
Kuliah Sambil Bekerja

Bekerja sambil kuliah dengan jadwal yang padat bukanlah sesuatu yang mudah. Pekerjaan bisa saja mengganggu mahasiswa fokus dalam studinya. Begitu pula sebaliknya, kuliah bisa mengganggu pekerjaan yang menuntut untuk produktif. Perguruan tinggi mungkin mengizinkan mahasiswanya untuk bekerja paruh waktu atau bekerja selama liburan sehingga bisa mendapatkan uang tetapi kuliahnya tidak terganggu.

Bekerja selama kuliah sebenarnya bisa menjadi hal yang positif. Kita tidak hanya mendapatkan uang dari bekerja selama kuliah. Namun bekerja selama kuliah ini bisa menjadi investasi untuk masa depan, yakni mendapatkan pengalaman kerja yang nantinya berguna untuk melamar pekerjaan setelah lulus.

Namun perlu diperhatikan beberapa faktor dalam memilih pekerjaan yang tepat selama kuliah, yaitu:

Jam kerja yang fleksibel

Jam kuliah biasanya tidak teratur, terkadang pagi, terkadang siang, dan terkadang sore atau malam. Bahkan bisa juga dalam satu hari tidak ada kuliah sama sekali. Karena jam kuliah yang tidak stabil, maka kita perlu mencari pekerjaan dengan waktu yang fleksibel. Atau Anda mendapatkan bos yang bisa memaklumi kalau Anda adalah mahasiswa yang mana sewaktu-waktu bisa ada ujian sehingga izin untuk tidak masuk kerja.

Cari pekerjaan yang tidak banyak tekanan

Menjadi mahasiswa itu menguras tenaga dan pikiran dan banyak tekanan. Untuk itu carilah pekerjaan yang menyenangkan dan bisa mengurangi stres bukan malah memperparah keadaan.

Menambah keterampilan

Tidak bisa dipungkiri kalau kita bekerja dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Namun ada hal lain yang tidak boleh kita abaikan. Ya itu kita bekerja dengan tujuan untuk mendapatkan keahlian baru. Selain hard skill, cari juga soft skill yang nantinya akan berguna di dunia kerja setelah lulus. Apapun jenis pekerjaan yang Anda rencanakan setelah lulus, soft skill ini dibutuhkan di semua jenis pekerjaan.

Mengembangkan kemampuan berkomunikasi

Manfaatkan pekerjaan Anda untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Baik untuk berkomunikasi dengan kolega, manajer, ataupun pelanggan.

Beberapa hal yang bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi di antaranya yaitu adalah kemampuan untuk mendengarkan, keterampilan negosiasi dan persuasi yang tinggi, dan kemampuan menjadi pembicara yang percaya diri .

Berpikir kritis

Dalam bekerja kita juga perlu berpikir kritis yaitu kemampuan untuk menganalisis situasi serta menemukan solusi yang realistis dan logis untuk itu.

Kerjasama tim yang kompak

Dalam bekerja, sangat penting untuk menciptakan kerjasama tim yang baik. Bahkan untuk pekerjaan yang individualis sekalipun, kerjasama tim tetap diperlukan.

Beberapa pekerjaan yang bisa kamu dapatkan sambil kuliah

Sejak adanya pandemi, pemerintah menggalakkan work from home. Ini menjadi prospek yang bagus buat mahasiswa yang ingin bekerja sambil kuliah. Anda bisa bekerja dari rumah dan bekerja secara virtual melalui email dan Zoom.

Guru Bimbel

Anda bisa menjadi guru bimbingan belajar untuk siswa siswa SMA dan SMP ataupun SD. Jam kerja guru bimbel lebih fleksibel daripada guru sekolah.

Freelancer

Jika anda mempunyai keterampilan di bidang desain seperti desain grafis dan juga desain web. Atau keterampilan keterampilan lain yang bisa dilakukan dari jarak jauh. Menjadi freelancer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Penulis atau editor

Pekerjaan menjadi penulis banyak macamnya. Anda bisa menulis buku fiksi atau nonfiksi, menulis artikel untuk dikirimkan ke media massa, atau menulis konten untuk dikirimkan ke media online. Jika karya Anda dimuat, Anda akan mendapatkan uang.

Penerjemah

Jika anda seorang bilingual atau poliglot dan fasih dengan bahasa yang Anda gunakan. Anda bisa mencoba menjadi penerjemah seperti penerjemah subtitle, penerjemah buku, dan lain-lain.

Menjadi penyanyi

Khusus buat Anda yang memiliki suara yang bagus. Menjadi penyanyi bisa Anda pertimbangkan. Jika nama anda terkenal, order akan berdatangan dari mana-mana.

Sumber: Edutorial Id

Related posts