Langkah Pencegahan Demam Berdarah Langsung dari Rumah Bersama Toko SehatQ

  • Whatsapp
Pencegahan Demam Berdarah

Tanpa disadari mayoritas orang Indonesia terlalu mengantisipasi diri terhadap COVID 19, padahal penyakit DBD juga telah merenggut puluhan ribu orang sejak tahun 2020-2021. Langkah pencegahan harus kita lakukan sebelum terserang penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini.

Demam berdarah, juga dikenal sebagai demam patah tulang, adalah infeksi nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit seperti flu yang parah. Demam berdarah menyerang daerah perkotaan dan pinggiran kota yang terletak di negara-negara dengan iklim tropis dan subtropis. Virus ini menginfeksi hingga 400 juta orang setiap tahunnya, menyebabkan nyeri otot dan tulang, dan bisa berakibat fatal. Sementara pengobatan ada, tidak ada vaksin untuk mencegah penyakit yang dibawa nyamuk ini. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, demam berdarah adalah salah satu dari sepuluh ancaman terbesar bagi kesehatan masyarakat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa 400 juta orang terinfeksi demam berdarah di seluruh dunia setiap tahun. Demam berdarah adalah penyakit tropis yang endemik yang telah menyerang banyak penduduk dari 100 negara di dunia.

Asal usul dan penyebarluasan demam berdarah

Asal usul nama Dengue tidak diketahui, tetapi diperkirakan berasal dari bahasa Swahili “ka-dinga pepo” (atau “penyakit iblis”) yang diubah menjadi kata Spanyol “dengue”. Sekitar 20% kasus, virus menyebabkan ruam, demam, dan nyeri kepala, otot, dan persendian yang cukup menyakitkan hingga membuatnya mendapat julukan “demam patah tulang”.

Selain itu, karena virus Dengue menyerang sel darah putih dan dapat mengganggu produksi trombosit, virus dengue juga dapat menyebabkan perdarahan yang membedakan penyakit ini dengan penyakit tropis lainnya seperti malaria dan demam tifoid. Anak-anak di bawah usia 10 tahun dan mereka yang sistem kekebalannya terganggu sangat rentan terhadap bentuk demam berdarah dengue.

Penyakit ini terutama ditularkan oleh nyamuk “harimau” Aedes aegypti yang aktif pada siang hari (berbeda dengan nyamuk Anopheles penyebab malaria yang aktif pada malam hari). Namun terlepas dari upaya untuk mengendalikan penyebarannya, peningkatan populasi dan perjalanan global telah membantu mendistribusikan apa yang dulunya merupakan penyakit langka di seluruh dunia.

Beberapa langkah pencegahan demam berdarah

Pencegahan terbaik adalah mengurangi kemungkinan Anda digigit nyamuk. Tindakan yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Mengenakan celana panjang, kemeja lengan panjang, dan kaos kaki
  • Menggunakan obat nyamuk
  • Memasang layar jendela atau jaring

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap lingkungan rumah Anda, untuk mengurangi potensi tempat berkembang biak nyamuk Aedes. Beberapa tindakan sederhana dan efektif meliputi:

  • Menghilangkan genangan air yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk seperti kaleng penyiram, ember, saluran air tersumbat
  • Menjaga talang atap bersih dan menempatkan insektisida BTI di dalamnya
  • Mengganti air secara teratur dalam vas atau di bawah pot tanaman
  • Menggemburkan tanah yang mengeras

Jatuh sakit karena demam berdarah bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, jadi kita harus mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan kemungkinan terinfeksi. Pikirkan Anda mengalami gejala yang dicurigai demam berdarah? Bicaralah dengan dokter online sekarang.

Menggunakan obat nyamuk, terutama di daerah tropis dengan populasi dan keramaian yang tinggi, dapat membantu mengusir nyamuk menggigit Anda. Oleskan krim anti nyamuk pada tubuh Anda saat bepergian ke tujuan tropis dan bahkan saat Anda berada di dalam ruangan. Jika Anda tidak memiliki produk penolak nyamuk, Anda bisa membelinya di Toko SehatQ. Hanya dengan mengunjungi official store enesis, Anda bisa mendapatkan lotion anti nyamuk terbaik di Indonesia. Membeli produk anti nyamuk lewat website Toko SehatQ:

  1. Download aplikasi lewat play store atau iOS.
  2. Sign up jika Anda belum registrasi, login jika Anda pernah registrasi akun SehatQ.
  3. Pilih menu toko kemudian ketik “Enesis official store”. Kemudian muncul berbagai produk yang ditawarkan oleh Enesis official store.
  4. Pilih soffel sesuai dengan kebutuhan, lalu masukkan keranjang.
  5. Lakukan pembayaran, tunggu hingga produk sampai ke rumah.

Related posts