Di dalam bisnis start up produk-produk yang dilepas ke pasaran adalah produk versi terbaik dari perusahaan. Produk-produk tersebut telah melewati serangkaian uji coba yang panjang sampai memenuhi standar kelayakan pakai. Proses uji coba ini memakan waktu berbulan-bulan dengan pengamatan teknis dan lapangan yang hati-hati dan cermat.
Meski demikian, tidak semua produk inovatif dengan kelayakan uji yang panjang dapat diterima baik serta bertahan lama di pasaran. Tanpa strategi yang matang produk-produk baru tersebut seringnya hanya menjadi hype sesaat. Masyarakat awalnya senang mencoba produk baru kemudian mereka bosan karena menyadari bahwa produk tersebut tidak cukup berguna. saya juga akan menjelaskan apa itu poc dalam bisnis.
Apa itu Proof of Concept?
Sederhananya Proof of Concept (PoC) adalah proyek mini yang dibuat untuk menguji kelayakan sebuah ide/konsep baik dari segi teknologi, metode dan teknis. Proyek tersebut hanya ditujukan untuk kalangan internal saja yang biasanya dipakai untuk menvalidasi apakah suatu konsep layak dikembangkan lebih lanjut menjadi produk/aplikasi atau ditinjau kembali karena cacat.
Strategi PoC biasanya dipakai untuk meninjau sebuah konsep teknologi yang terbilang berbeda dan unik, dalam upaya menarik investor agar mau mencurahkan dana awal pengembangan. Keuntungan strategi ini tentu saja kelayakan sebuah ide bisa cepat ditentukan sehingga menghemat banyak waktu. Selain itu strategi ini juga dipakai untuk memangkas biaya operasional dalam pengembangan produk baru di pasaran.
Produk-produk tersebut telah melewati serangkaian uji coba yang panjang sampai memenuhi standar kelayakan pakai. Proses uji coba ini memakan waktu berbulan-bulan dengan pengamatan teknis dan lapangan yang hati-hati dan cermat.
PoC juga dipakai untuk menarik investasi
PoC sendiri merupakan sebuah konsep teknologi dari produk yang akan dikembangkan. Penggunaan PoC adalah untuk menemukan pengetahuan baru serta menguji finansial perusahaan. PoC juga dipakai untuk menarik investasi awal dari para investor.
Cara yang Bagus untuk Memvalidasi Kemampuan Pemasaran
Cara yang bagus untuk memvalidasi kemampuan pemasaran dengan anggaran yang terbatas. Sebelum menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang untuk melakukan coding atau membuat ide hebat, perlu adanya validasi terhadap asumsi bahwa orang benar-benar menginginkan produk yang akan dibuat. Menemukan masalah yang dapat diselesaikan dengan ide yang didapatkan dan menemukan solusi yang diinginkan orang adalah apa yang harus divalidasi terhadap pengguna.