Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan Toko Online Anda

Resimu.net

Nomor resi saat ini menjadi hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli ketika mereka berbelanja di toko online. Dengan perkembangan dunia teknologi dan internet, pembeli maupun penjual di toko online dimudahkan untuk melacak barang mereka.

Namun begitu, Anda juga perlu berhati-hati saat menerima nomor resi. Tidak jarang kita jumpai kasus customer diberi nomor resi palsu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, setiap melakukan belanja online, jangan pernah lupa untuk menanyakan nomor resi pengiriman paket.

Pemberian nomor resi merupakan hal yang tidak boleh disepelekan karena setiap customer sebenarnya memiliki hak untuk mendapatkan nomor resi ketika berbelanja online. Tujuannya adalah supaya pembeli (customer) tidak merasa was-was dan khawatir serta menangkal pikiran-pikiran negatif seperti ditipu dan sebagainya. Inilah salah satu dari arti pentingnya nomor resi bagi pelanggan (customer) toko online. Manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:

Cara Cek Resi Anteraja

Jika saat ini kamu sedang menunggu paket yang diantarkan oleh Anteraja, gunakan layanan dari Resimu.net untuk melacak resi.

Resimu.net memudahkan kamu untuk melacak pengiriman dari berbagai ekspedisi di Indonesia. Seperti JNE, J&T, Ninja, Shopee Express, SAP, KGXpress dan tentu saja Anteraja.

Namun sebelum itu, kamu harus tahu dulu nomor resi Anteraja paket kirimanmu. Untuk mengetahui nomor resi, kamu bisa melihat pada kertas serah terima saat menyerahkan paket ke konter Anteraja.

Jika sudah tahu nomor resinya, berikut ini langkah-langkah cek resi J&T menggunakan Resimu.net.

  • Buka halaman cek resi anter aja
  • Input nomor resi J&T pada kolom yang tersedia.
  • Enter atau klik ikon cari di sebelah kanannya.
  • Jika situs lain mengharuskan kamu untuk memilih kurir, hal tersebut tidak berlaku di Resimu.net, karena kami akan melacaknya secara otomatis.
  • Tunggu beberapa detik, kami akan menampilkan status pesanan Anda.
  • Kamu juga bisa langsung membagikan hasil pelacakan dengan menekan atau memilih ikon share di bagian bawahnya.

1. Tanda bahwa paket telah dikirim

Dengan mengirimkan nomor resi kepada pembeli, maka Anda telah memberikan sinyal kepada pembeli bahwa pesanannya telah dikirim. Dengan begitu, pembeli akan merasa tenang dan aman. Anda sebagai pemilik bisnis / toko online tentu tidak ingin diteror oleh pelanggan terus, kan? Seperti “Kak, barang saya sudah dikirim belum?” atau “Kak, kira-kira barang saya sampainya kapan, ya?”

2. Melakukan tracking (pelacakan) barang

Setelah Anda mengirimkan nomor resi kepada pelanggan, ada baiknya Anda memberitahu pelanggan agar nomor resinya jangan sampai hilang. Beritahu pelanggan Anda bahwa dengan nomor resi tersebut, ia bisa melakukan tracking (pelacakan) untuk mengetahui lokasi barang yang ia beli.

Hal penting lainnya yang perlu pelanggan Anda ketahui yaitu jangan sampai nomor resinya diketahui oleh orang lain, karena bisa disalahgunakan oleh orang yang memiliki niat tidak baik.

3. Mengetahui kondisi barang

Dalam beberapa kasus, terkadang terdapat kesalahan pengiriman barang. Hal ini bisa terjadi akibat kesalahan kurir dari jasa ekspedisi. Jadi, jika Anda mendapat keluhan dari pembeli bahwa barangnya belum juga sampai (belum diterima), Anda wajib melakukan cek resi pengiriman untuk mengetahui kondisi barang tersebut.

4. Meningkatkan kepercayaan customer

Setelah belanja onlinecustomer harus memilih jasa ekspedisi mana yang akan ia pakai. Customer tidak hanya memperhatikan tarifnya saja, akan tetapi mereka juga sangat memperhatikan profesionalisme suatu ekspedisi. Makin profesional dan berpengalaman kurirnya, maka akan semakin minim kesalahan yang bisa terjadi. Kesalahan seperti tujuan yang salah hingga estimasi waktu yang molor bisa dihindari.

Dengan fitur cek resi pengiriman, tingkat kepercayaan customer terhadap toko online Anda otomatis akan meningkat. Customer juga dapat turut memantau kondisi barangnya. Jangan sungkan untuk menghubungi jasa ekspedisi yang bersangkutan jika pelayanan tak sesuai dengan yang diinginkan.

5. Mengambil barang di ekspedisi

Nomor resi juga dapat digunakan oleh customer untuk mengambil barangnya di jasa ekspedisi. Sebagian customer kadang ada yang memilih untuk mengambil langsung paketnya ke kantor ekspedisi daripada menunggu kurir yang mengantarkan paketnya ke rumah. Alasannya tentu saja karena lebih cepat kalau diambil sendiri.

Related posts