Waktu yang Terbaik untuk Melakukan Fisioterapi pada Anak

  • Whatsapp
Fisioterapi pada Anak

Anak-anak memang sering kali melakukan aktivitas yang tidak terduga, rasa ingin tahu dari anak sangat besar seperti menyentuh, memegang, memakai benda-benda yang baru pertama kali dilihatnya. Namun, aktivitas anak yang kurang penjagaan dari orang tua sehingga anak melakukan aktivitas yang berat sehingga bisa saja anak mengalami cedera.

Cedera yang dialami anak sering kali membuat orang tua cemas yang khawatir anaknya menjadi catat, bukan hanya tentang cedera pada anak namun keterlambatan tumbuh kembang anak juga menjadi ke khawatiran bagi Sebagian besar orang tua yang harus ditangani dengan baik dan benar. Dengan manfaat fisioterapi anak  yang memiliki masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik, dengan metode dan Teknik-teknik tertentu dan manfaat fisioterapi anak.

Orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal, namun ada kalanya tumbuh kembang anak mengalami masalah seperti keterlambatan tumbuh kembang, gangguan, serta kelainan pada fungsi dan alat geraknya. Contohnya pada anak usia 4 bulan biasanya sudah mampu untuk tengkurap atau merespons sapaan Anda. Jika kondisi anak Anda mengalami kondisi seperti ini Tindakan yang harus dilakukan adalah membawa anak ke dokter agar diberikan saran menjalankan fisioterapi.

Manfaat Fisioterapi untuk buah hati Anda

Fisioterapi merupakan pelayanan Kesehatan yang dimaksudkan untuk setiap individual atau sekelompok orang, yang memiliki tujuan untuk mengembangkan, memelihara, serta memulihkan gerak dan fungsi pada tubuh yang mengalami kondisi yang berbeda.

Sedangkan manfaat fisioterapi anak adalah salah satu terapi yang menangani adanya masalah pada anak dari lahir sampai tumbuh menjadi remaja yang sehat, tentunya terapi ini harus dilakukan oleh ahli yang sering disebut fisioterapis.

Fisioterapis harus mengetahui dan memahami perkembangan anak secara keseluruhan pada anak, agar nantinya dapat menentukan metode yang pas untuk melakukan Tindakan pada anak, sesuai buah hati Anda.

Masalah yang bisa diselesaikan oleh fisioterapi untuk anak sangat banyak seperti, mengalami keterlambatan tumbuh kembang pada anak, gangguan medis yang di miliki anak, serta penanganan saat anak mengalami cedera. Fisioterapi memiliki beberapa metode penyembuhan untuk menangani gangguan kondisi pada anak. Variasi penanganan membantu anak membangun kekuatan, meningkatkan pergerakan, serta menguatkan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut Teknik yang bisa Dilakukan Fisioterapi pada Anak:

  • Aktivitas perkembangan seperti, merangkak dan berjalan harus di ajarkan pada anak
  • Mengajak anak bermain dengan permainan beradaptasi pada lingkungan
  • Terapi air
  • Melakukan aktivitas yang berkaitan dengan koordinasi dan pertimbangan
  • Latihan membangun kekuatan di sekitar titik cedera yang di derita anak
  • Melatih fleksibilitas untuk meningkatkan jangkauan gerak
  • Meningkatkan sirkulasi di area cedera pada anak, menggunakan terapi panas, dingin, rangsangan listrik, pijatan atau ultrasound
  • Lakukan pengarahan pada anak agar berhati-hati saat melakukan aktivitas agar menghindari cedera
  • Melakukan pencegahan dan keamanan

Waktu yang Baik untuk Anak Melakukan Fisioterapi

Waktu yang dianjurkan untuk membawa anak ke fisioterapis adalah:

  1. Pada usia 4 bulan

Anak yang berusia 4 bulan biasanya biasanya sudah bisa tengkurap, serta jika di depan anak berikanlah mainan agar motorik anak terasah, tumpuan yang ada pada anak usia 4 bulan adalah lengan dan siku, anak mampu bermain dengan kedua tangannya, bisa melakukan pengamatan, sudah bisa berbicara, dan bersosialisasi.

  1. Pada usia 12 bulan

Saat anak usia 12 bulan biasanya anak sudah bisa berdiri, mampu mengambil benda kecil, dan mampu bersosialisasi.

  1. Pada usia 24 bulan

Biasanya di usia 4 bulan anak sudah bisa melakukan bermain melompat, memutar tutup botol, dan sudah pintar menyebutkan beberapa anggota tubuhnya.

Tentunya perkembangan pada setiap anak berbeda tergantung dari indikatornya. Namun jika dirasa ada perbedaan dan Anda merasa cemas segera langsung membawa anak Anda ke fisioterapis agar anak mendapat penanganan yang baik dari ahlinya. Kemudian banyak manfaat fisioterapi anak yang Anda bisa dapatkan jika telah membawa anak Anda ke fisioterapis.

Related posts