Sebuah tim tercipta dari beberapa anggota yang saling mendukung dan membantu untuk satu tujuan. Namun menciptakan kerja tim yang kompak dan sukses bukanlah hal mudah.
Berikut ini cara membangun kerja tim yang solid dan efektif:
-
Memiliki Visi dan Misi yang Sama
Kesamaan visi dan misi inilah yang membentuk adanya sebuah tim sehingga dapat bekerja dengan baik dan efektif. Setiap anggota dan pimpinan harus memiliki tujuan untuk saling berusaha mencapai target yang sama.
Tidak ada visi misi individu, karena setiap tindakan yang diambil merupakan tugas dari visi dan misi tim.
-
Membangun Rasa Saling Percaya
Kerja tim yang solid harus dibangun dari rasa saling percaya antara satu sama lain sudah menjadi syarat mutlak sebuah tim. Ketika anggota tidak memiliki rasa saling percaya, bisa dipastikan kerja tim tidak akan mencapai kesuksesan.
Sementara tim yang sukses adalah hasil kerjasama dari tugas yang dijalankan setiap anggota tim dengan kadar berbeda.
-
Komunikasi Intensif
Untuk menjaga supaya kerja tim tetap berjalan lancar, diperlukan komunikasi yang intensif antara sesama anggota tim. Ini dimaksudkan supaya setiap anggota mengerti akan tugas dan target yang harus dijalankan.
-
Buat Kegiatan Bersama
Melakukan kegiatan bersama di luar pekerjaan dimaksudkan untuk membentuk chemistry antar anggota tim. Ketika saling mengenal, maka sesama anggota tim akan dapat menjalin kerjasama yang kuat.
Tidak harus kegiatan yang luar biasa, kegiatan ringan seperti makan bersama di luar jam kerja juga sangat membantu.
-
Membuat Sistem Penghargaan
Dengan adanya sistem penghargaan berupa reward, dapat memacu motivasi seluruh tim untuk bekerja lebih baik. Selain itu, anggota juga akan merasa dihargai seluruh kerja kerasnya.
Sistem ini diharapkan dapat membuat tim bekerja lebih optimal.
-
Saling Memahami Peran dan Tanggung Jawab
Setiap anggota dalam tim pastinya memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Memahami hal ini adalah hal wajib bagi seluruh anggota tim, supaya tercipta tim yang kompak dan efektif.
Ketika setiap anggota memahami hal itu, mereka akan lebih fokus untuk menyelesaikan tugas yang dibebankan.
-
Meningkatkan Kompetensi Tim
Setiap anggota tim pasti memiliki kompetensi tersendiri yang memang sesuai dengan pekerjaan yang dijalankan. Apabila tingkat kompetensi antar anggota tim belum memenuhi ekspektasi, lakukan pelatihan untuk meningkatkannya.
Ketika kemampuan yang dimiliki sudah sesuai dengan tugas dan pekerjaan, kerja tim akan berjalan dengan baik dan sukses.
-
Saling Menghargai dan Menghormati
Adanya perselisihan dan perbedaan pendapat bukan hal yang mustahil dalam sebuah tim. Namun perbedaan itu akan semakin memperkaya pemikiran dan ide sehingga target yang dicanangkan mudah untuk dicapai.
Dalam hal ini tentunya diperlukan sebuah sikap saling menghormati dan menghargai setiap hak orang lain.
-
Memiliki Komitmen yang Kuat
Ketika komitmen setiap anggota kuat, maka kerja tim yang solid dan kompak dapat dibentuk dengan maksimal. Ketika semangat salah satu anggota menurun, proses kerja juga akan terkena imbasnya.
Maka ketika performa rekan menurun, berikan semangat supaya tugas yang dijalankan tetap berada di level yang sama.
-
Rutin Mengadakan Evaluasi
Melalui evaluasi, dapat dilihat mana pekerjaan yang harus diperbaiki, yang masih kurang serta yang membutuhkan motivasi. Bukan mencari kesalahan, tapi lebih bertujuan untuk mencapai proses kerja yang sesuai dengan target.
Kunci sukses ini diperlukan untuk mengawasi dan memantau hasil kerja tim.
10 cara di atas dijalankan oleh tim saungwriter.com untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Hal tersebut tidak lain adalah demi menjaga kepercayaan sekaligus kepuasan pelanggan.