5 Jajanan Unik Khas Lombok yang Patut Dicoba

  • Whatsapp
Jajanan Unik Khas Lombok

Lombok adalah salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara setelah Bali. Keindahan pulau Lombok ini memang mampu memikat siapapun. Lombok memiliki banyak daya tarik yang dijadikannya sebagai senjata untuk menarik minat wisatawan, mulai dari pantainya yang masih bersih, air lautnya yang jernih, hingga budayanya yang unik. Apalagi, kamu bisa menemukan beberapa tempat bulan madu yang romantis di Lombok.

Namun, pesona pulau Lombok tidak hanya pada wisatanya saja. Kamu juga harus coba cicipi jajanan khas Lombok yang memiliki citarasa unik dan tidak bisa dijumpai di daerah lain. Kamu tentunya penasaran kan dengan menu sahur simple unik khas Lombok apa saja yang patut dicoba saat kesana nanti?

Berikut dibawah ini 5 jajanan unik khas Lombok yang patut dicoba :

  1. Kue Kerake

Kemasan yang unik membuat jajanan khas Lombok ini tampak seperti susunan bawang putih. Namun, ini adalah kue kerake yang terbuat dari ketan dan memiliki tekstur yang sedikit kenyal seperti jenang.

Kue kerake memiliki tampilan unik, dimana kuenya itu dibungkus dengan kulit jagung lalu dibuat menonjol di 3 bagian. Hasilnya, kue kerake memiliki bentuk yang sedikit mirip dengan “Pocong”. Seram juga ya? Namun, kamu tidak perlu ragu untuk coba cicipi kue ini karena kerake menawarkan rasa yang manis, legit, dan juga enak.

  1. Kue Tarek

Kue tarek adalah kue kering khas Lombok yang juga dikenal dengan nama Goro Goro. Umumnya, kue tarek ini banyak dijual saat bulan ramdhan tiba. Meski begitu, ada beberapa toko oleh oleh atau toko kue yang menjual jajanan unik khas Lombok ini. Jadi, kamu bisa temukan kue tarek kapan pun, tidak harus saat bulan puasa saja.

Kue tarek menggunakan bahan utama berupa tepung beras dan santan kelapa. Kemudian, biasanya akan ditambahkan kapur sirih supaya teksturnya menjadi lebih renyah. Setelah itu, adonan akan digoreng hingga mekar seperti bentuk bunga cantik.

  1. Kue Keong

Dinamakan kue keong, karena bentuk jajanan unik khas Lombok ini bulat dan bergerigi seperti keong. Makanan ini tidak dijual musiman sehingga kamu bisa menemukannya kapan pun kamu mau di toko toko yang menjual kue kering atau oleh oleh khas Lombok.

Proses pembuatan kue keong ini tergolong sederhana dan tidak terlalu banyak membutuhkan bahan bahan. Kamu hanya perlu membuat adonan yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, telur ayam, air, dan sedikit mentega.

Setelah itu, adonan dibentuk bulat menyerupai keong dengan menggunakan sendok. Kemudian semua adonan kue yang telah dibentuk digoreng dalam minyak panas hingga warnanya menjadi coklat muda.

  1. Kelepon Kecerit

Jajanan khas Lombok ini memang serupa dengan klepon klepon yang bisa ditemukan di Pulau Jawa. Namun, bentuk kelepon kecerit khas Lombok ini berbeda. Jika biasanya klepon dibuat dengan bentuk bulat bulat, namun klepon khas Lombok dibentuk memanjang dan sedikit runcing.

Dinamakan klepon kecerit karena “kecerit” itu berarti muncrat. Pasalnya, saat kamu menggigit klepon ini, maka gula merah yang ada didalamnya akan muncrat didalam mulut. Jangan lupa cicipi kue basah yang enak dan legit ini saat kamu sedang berada di Lombok.

  1. Tekel Atau Kue Bantal

Dilihat dari bentuknya saja, kamu tentu sudah tahu mengapa jajanan khas Lombok ini dinamakan kue bantal. Takel adalah kue basah yang terbuat dari ketan, parutan kelapa, gula, garam, dan juga buah pisang. Setelah itu, adonan yang sudah diisi potongan buah pisang dibungkus dengan menggunakan janur, lalu dikukus hingga matang.

Jika sedang jalan jalan di Lombok, jangan lupa cari kue tekel ini untuk camilan menemani kamu berpetualang di pulau ini.

Related posts