Aplikasi Perekam Layar PC Pendukung Kelas atau Meeting Daring

  • Whatsapp
aplikasi perekam layar PC

Aplikasi perekam layar PC bisa sangat bermanfaat bagi para profesional yang bepergian untuk berbagi dengan mudah tanpa harus menggunakan atau menyambungkan kabel/kabel. Penyaji dapat dengan mudah merekam webinar dalam definisi tinggi sehingga dapat dengan cepat dan mudah dibagikan kepada orang lain.

Pengembang aplikasi perekam layar PC kini telah menemukan perekaman layar yang  sangat berguna untuk kebutuhan Anda. Setelah aplikasi dibuat, pengembang dapat dengan mudah merekam aplikasi dalam penggunaan kehidupan nyata, menunjukkan dengan tepat bagaimana aplikasi itu beroperasi dan mungkin meningkatkan unduhan karena pengguna dapat melihat manfaat dari aplikasi yang sebenarnya bekerja dengan tutorial langkah demi langkah yang mudah tentang fungsinya. Berikut beberapa aplikasi perekam layar PC yang bisa Anda manfaatkan untuk melancarkan meeting atau kelas daring selama masa pandemi.

ScreenFlow Telestream

ScreenFlow Telestream menambahkan banyak faktor yang sangat menarik ke dalam screen recording PC Anda. Meskipun editornya terlihat minimalis, ada banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan. Pada bagian media library terdapat lebih dari 500.000 gambar, klip audio, dan video (beberapa memiliki kapasitas 4k) untuk memberi efek yang baik pada hasil rekaman. Cara mencoba efek tersebut adalah dengan membuka aplikasi dari panel Fitur, cari berdasarkan kata kunci, lalu klik dan seret stock media ke objek yang ingin ditampilkan. Untuk menikmati fitur ini, Anda hanya perlu membayar 60 USD/ tahun.

Selain itu Anda bisa menikmati fitur merekam desktop dengan resolusi retina (yaitu, resolusi sangat tinggi menyerupai retina mata) serta beberapa opsi templating. Gaya template memungkinkan Anda mengelompokkan pengaturan dan komponen video sehingga dapat diterapkan dengan beberapa klik. Dengan template yang beragam Anda dapat menyimpan pengaturan audio/visual untuk elemen individual seperti filter warna atau bayangan jatuh untuk segmen video. Berbagai pilihan template membuat Anda bisa menyisipkan, mengatur, dan mengkonfigurasi grup elemen terlebih dahulu, seperti segmen intro dan outro bermerek, placeholder teks, dan musik latar.

OBS Studio

OBS sebenarnya dirancang untuk editing video akan tetapi di dalam software ini, Anda bisa memanfaatkan fitur perekaman layar. Aplikasi ini seperti “studio” yang dapat disesuaikan, seperti konfigurasi audio dan video prasetel yang dapat Anda putar selama perekaman.

Wondershare Filmora Scrn

Wondershare Filmora Scrn adalah perekam layar PC yang bagus dengan menawarkan banyak fitur. Output video yang direkam sangat mengesankan dan sempurna untuk membuat tutorial video. Bagian perekam Filmora Scrn sangat mudah digunakan. Untuk mulai merekam, cukup klik tombol Quick Capture atau tombol perekam dari dalam editor video. Lalu akan ada jendela kecil dengan beberapa fitur sederhana di atasnya. Anda bisa menangkap gambar hingga 120 fps dan merekam dari 2 perangkat secara bersamaan. Perekam juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda menangkap webcam dan layar secara bersamaan.

ShareX

Tersedia untuk diunduh dari situs web getsharex.com, ShareX adalah perekam layar dan perangkat lunak snapshot sumber terbuka dan gratis yang menghadirkan banyak fitur dan penyesuaian. Berbicara tentang kustomisasi, Anda dapat mengotak-atik berbagai pengaturan seperti bagaimana kursor ditampilkan, jendela transparan, jumlah penundaan, bentuk area yang dipilih untuk ditangkap, dan masih banyak lagi. Ini selain menawarkan beberapa fitur pengeditan seperti anotasi, efek, tanda air, yang dapat Anda terapkan sebelum membagikan file output. ShareX memiliki beberapa fitur untuk mengambil gambar layar seperti:

  • Fullscreen screenshots: Pada dasarnya adalah cuplikan yang mencakup seluruh layar PC Windows.
  • Window screenshots: Di sini Anda mengambil tangkapan layar dari aplikasi yang telah Anda buka di PC Anda. Misalnya, ShareX akan mengambil tangkapan layar pemutar musik yang sedang berjalan atau perangkat lunak penampil gambar dan mengabaikan yang lainnya. ShareX mampu membedakan program tertentu dari program lain yang dapat ditampilkan di layar.
  • Monitor screenshots: Ini berguna saat Anda menggunakan beberapa layar yang berisi konten berbeda yang ditampilkan
  • Region screenshots: Sebagai pengguna, Anda menentukan area tertentu untuk tangkapan layar dengan menyeret mouse untuk memilihnya dan segera ShareX mengambil cuplikan yang menampilkannya sebagai pratinjau di jendela utama. Wilayah yang akan dipotret bisa terang atau transparan dengan opsi juga untuk menggunakan wilayah terakhir.

CamStudio

CamStudio adalah perekam layar open source yang tampak sederhana. Menangkap segala hal yang terjadi di monitor Anda semudah mengklik tombol, tetapi jika Anda mempelajari pengaturannya, Anda akan menemukan bahwa program kecil ini mampu melakukan lebih banyak lagi. Anda dapat merekam video atau gambar yang tertera pada layar, hingga merekam audio dari speaker atau mikrofon PC Anda. Sehingga aplikasi ini sangat ideal untuk membuat tutorial perangkat lunak Anda sendiri. CamStudio dapat mengekspor hasil jepretan Anda dalam berbagai format, dengan berbagai tingkat kompresi sehingga Anda dapat mencapai keseimbangan yang tepat antara ukuran file dan kualitas gambar.

Related posts