Beberapa Model Bisnis Media Online Seperti Fortune Indonesia

  • Whatsapp
Bisnis Media Online Fortune Indonesia

Bisnis media online merupakan sebuah usaha yang dilakukan dengan cara menyajikan website atau situs berita, portal berita dan majalah. Salah satu bisnis media online yang di Indonesia yaitu IDN Media, sekarang ini telah meluncurkan sebuah majalah online Fortune Indonesia yang berisi tentang informasi terkini yang cocok untuk generasi millennial dan z.

Bisnis media online pada saat ini diharuskan bekerja keras agar sukses dalam menjalankan bisnisnya, secara umum model bisnis media online yang memiliki konsep monetizing (menghasilkan uang). Berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa model bisnis media online yang ada di Indonesia.

Model Bisnis Media Online Seperti Fortune Indonesia

  1. Model Iklan Display

Media online yang ada di Indonesia kebanyakan saat ini mengandalkan iklan display agar menghasilkan pendapatan atau uang. Iklan display (display ad) sebaiknya tidak dijadikan model bisnis utama. Hal ini disebabkan karena pengiklan cenderung menggunakan iklan ini jika traffic media tersebut sudah memadai.

Ketika membangun trafik web atau situs yang telah memadai dan mendapatkan iklan hal ini membutuhkan waktu lama dan panjang. Terutama pada era bisnis seperti sekarang, meraih keuntungan dalam jangka pendek dinilai lebih baik dibandingkan dengan jangka panjang.

  1. Model Pembuatan Konten

Bisnis media online bisa dilakukan dengan cara pembuatan konten (content creation) hal ini berarti jika menyajikan iklan berupa content marketing yang dibuat dalam bentuk advertorial atau format lainnya. Pembuatan konten ini merupakan salah satu bentuk lain dari model bisnis yang memiliki iklan yang bervariatif.

Model bisnis yang satu ini memiliki pesan-pesan sponsor yang bersifat iklan dan dapat disampaikan secara halus melalui konten-konten yang telah disusun sebelumnya baik itu tulisan maupun audio visual.  Untuk jenis kontennya cukup beragam diantaranya sponsored post dan video based content.

  1. Model Community Engagement

Ketika media online yang telah Anda bangun telah memiliki kelompok yang memiliki basis pembaca setia yang solid, model bisnis community engagement pada bisnis ini dapat diterapkan. Model bisnis ini dapat membuat pihak pengiklan mendanai kegiatan yang dilakukan online dan offline pada media online tersebut.

Menggunakan  model bisnis community engagement dapat memberikan pesan-pesan berkonotasi iklan yang dapat disampaikan melalui spanduk, poster, swag dan material cetak lain. Pesan yang disampaikan tersebut menampilkan logo atau slogan milik pengiklan tersebut.

  1. Model Community Insight

Community Insight merupakan salah satu model bisnis media online yang memiliki kemiripan dengan community engagement yang memberdayakan adanya komunitas dari sebuah media online tertentu. Pada model bisnis ini produk atau brand ini menjadikan komunita sebuah media online sebagai objek research.

Pada beberapa kebutuhan marketing tertentu, terdapat beberapa anggota komunitas yang dikumpulkan secara offline dalam pengembangan riset atau survei yang lebih fokus dengan menggunakan konsep focus discussion group (FDG).

  1. Model Konten Premium

Model bisnis online konten premium ini jarang sekali diterapkan pada bisnis media online di Indonesia. Hal ini disebabkan karena premium content subscription ini membebankan biayanya kepada para pengguna atau pembaca apabila mereka ingin membaca sebuah konten tertentu dari sebuah media online.

Tantangan utama yang dihadapi oleh bisnis media online ini yaitu konten premium adalah karakter konsumen Indonesia yang cenderung lebih menyukai hal yang bersifat gratis (tanpa bayar).

Demikian merupakan penjelasan mengenai beberapa model bisnis media online seperti Fortune Indonesia. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.

Related posts