Benarkah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran? Jangan Panik Kenali Manfaat dan Dampak Buruknya Ini!

  • Whatsapp
Nanas

Sebagai perempuan yang baru saja mengandung anak pertama tentu banyak mendapatkan nasehat, wejangan atau apapun itu dari orang lain ataupun orang tua. Namun sebagai orang modern dengan banyak ilmu yang bisa dipelajari, jangan langsung percaya tanpa ada bukti. Bisa jadi yang dikatakan itu hanya mitos dan justru memberikan akibat buruk jika dilakukan. Seperti salah satunya ketika hamil dilarang keras untuk makan nanas, bisa menyebabkan keguguran! Padahal buah kuning tersebut juga mengandung banyak nutrisi baik, lalu apa yang salah?

Kandungan Nutrisi Nanas

Cukup mudah menemukan nanas di Indonesia karena buah tersebut termasuk dalam buah tropis. Rasanya merupakan perpaduan asam, manis dan segar sehingga nikmat untuk dijadikan pencuci mulut. Nah, didalam buah terkandung banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, zat besi, natrium, sukrosa, fosfor, kalsium sampai dengan enzim brometain. Dari semua nutrisi tersebut menjadikan nanas masuk dalam buah yang cukup menyehatkan, apalagi ibu hamil yang perlu nutrisi lengkap.

Manfaat Nanas Untuk Bumil

Mengkonsumsi buah nanas saat hamil dianjurkan namun tetap apapun harus dalam batasan wajar supaya tidak memberikan dampak buruk. Jika Anda mengkonsumsi masih dalam batas aman akan mendapatkan manfaat seperti:

  1. Membantu proses persalinan.

Nanas sangat dianjurkan dimakan oleh ibu hamil apalagi sudah menjelang lahiran atau trimester terakhir. Dimana kandungan enzim brometain membantu melunakkan leher rahim dan bisa memicu kontraksi, sehingga kelahiran akan lancar.

  1. Menghindari cemas.

Rasa cemas yang dialami oleh ibu hamil bisa diredakan dengan mengkonsumsi nanas, hal itu tentu dirasakan apalagi ketika menunggu si buah hati yang belum juga lahir. Kandungan vitamin dan flavonoid pada nanas mempunyai efek ansiolitik yang membantu meredakan kecemasan.

  1. Membuat kulit lebih cantik.

Kulit cantik alami bisa didapatkan dengan mengatur pola makan sehat, nanas bisa masuk salah satu didalamnya. Kandungan 79 mg vitamin C yang membantu tubuh memproduksi kolagen dalam jumlah banyak sehingga masalah kulit bisa diatasi meskipun saat hamil.

  1. Sumber nutrisi untuk si kecil dan ibu.

Tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi nanas karena kandungan nutrisinya cukup lengkap dan semua diperlukan tubuh. Asam folat justru mengurangi resiko janin lahir cacat dan zat besi diperlukan untuk memproduksi darah, vitamin B dan lainnya.

Efek Samping Makan Nanas Saat Hamil

Meskipun beragam manfaat bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi nanas saat hamil, namun jika hal itu dilakukan berlebih akan memberikan dampak buruk pula. Hal itu berlaku bukan hanya dari buah nanas tetapi juga beberapa jenis makanan lain. Nanas sendiri beresiko menyebabkan keguguran, membuat kulit bayi buruk, dan bisa juga membuat si kecil lahir belum cukup umur atau prematur. Namun jika Anda ingin mengkonsumsi saat hamil tetap tidak masalah tetapi harus diperhatikan takaran pasnya.

Semua buah dan sayur memang baik untuk ibu hamil, apalagi keduanya komponen yang kaya akan nutrisi bergizi. Tetapi perlu dipahami pula, semua manfaat tersebut tidak akan bisa didapatkan dari jenis buah dan sayur yang kurang berkualitas. Makanya sebelum mengkonsumsi langkah awal harus pahami buah atau sayur berkualitas seperti apa, begitu pula ketika membeli nanas. Bagi Anda yang kurang paham cara memilih yang tepat, bisa langsung membeli di TaniHub saja. Dimana itu merupakan gudang buah, sayur dan keperluan dapur lainnya dengan kualitas yang sudah terjamin baik. Belanja mudah, murah dan aman di TaniHub sekarang!

Related posts