Melakukan Investasi Reksadana Secara Online, Aman dan Nyaman Bagi Pemula

  • Whatsapp
Investasi Reksadana Secara Online

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang sudah mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Hal ini dikarenakan mereka memiliki keinginan untuk bebas beban finansial saat memasuki usia yang sudah tidak lagi produktif. Ada banyak jenis investasi yang dapat dipilih, salah satunya adalah reksadana yang dinilai mudah dan banyak diminati oleh masyarakat. Reksadana adalah paket investasi dimana pengelolaan instrumen investasinya dilakukan oleh Manajer Investasi yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa kelebihan dari reksadana adalah dengan adanya verifikasi investasi, dimana Manajer Investasi akan mengelola dana investor ke berbagai instrumen, sehingga tidak berfokus pada satu perusahaan saja, tapi ke beberapa perusahaan. Hal ini dikarenakan untuk menjaga apabila terjadi penurunan nilai suatu saham di salah satu perusahaan, maka tidak akan mengalami penurunan secara bersamaan. Selain memberikan cuan yang cukup besar, reksadana juga merupakan instrumen yang mudah diakses.

Sebelum kamu membeli reksadana, jangan hanya sebatas mengikuti tren. Kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan berinvestasi. Apakah kamu mempunyai rencana keuangan untuk membeli rumah, membiayai pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi, atau menikmati masa pensiun tanpa ada rasa khawatir mengenai keuangan. Tujuan ini akan berpengaruh terhadap jangka waktu investasi dan jenis reksadana yang akan dipilih. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan tujuan yang jelas dalam berinvestasi, yaitu:

Read More
  • Pilih platform

Dalam memilih investasi reksadana, sebaiknya kamu menggunakan platform online karena mudah dan murah. Pilih platform reksadana online yang menjual beragam produk reksadana dari banyak Manajer Investasi. Salah satu platform investasi yang membantu investasi reksadana kamu dengan baik adalah digibank reksadana, menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Lebih mudah untuk memilih kategori reksadana dan berkinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik. Di aplikasi digibank reksadana kamu dapat melakukan pembelian secara berkala dan flexible. Beli, jual dan switch dapat digunakan dalam satu aplikasi.

  • Memilih jenis reksadana

Ada beberapa jenis reksadana yang bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk melakukan investasi, yaitu

  1. Reksadana pendapatan tetap

Investasi reksadana yang nilainya paling sedikit 80% dari asetnya dalam bentuk efek utang atau obligasi.

  1. Reksadana campuran

Investasi reksadana yang ditempatkan pada beberapa efek sekaligus, yaitu saham, surat utang dan pasar uang.

  1. Reksadana pasar uang

Investasi reksadana pada instrumen pasar uang dalam negeri dengan jangka waktu tidak lebih dari satu tahun.

  1. Reksadana saham

Investasi reksadana yang nilainya paling sedikit 80% dalam bentuk saham.

  • Tentukan jangka waktu

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk berinvestasi reksadana berbeda-beda. Ada yang memiliki jangka kurang dari satu tahun, satu sampai tiga tahun, dan lebih dari lima tahun. Pilihlah jangka waktu yang sesuai kebutuhan dan tujuan kamu dalam berinvestasi.

  • Deposit dana

Setelah kamu menentukan jenis reksadana untuk berinvestasi dan jangka waktunya, kamu bisa melakukan deposit dana di rekening yang terdaftar di digibank reksadana dengan modal awal mulai dari Rp 100.000. Setelah melakukan transfer, kamu bisa langsung melakukan pengecekan di aplikasi apakah uang tersebut sudah efektif.

  • Memiliki izin OJK

Jangan tergiur dengan penawaran investasi yang fantastis dengan cuan yang setinggi langit, namun tidak mengantongi izin OJK. Reksadana adalah investasi legal karena memiliki izin OJK. Pastikan juga aplikasi reksadana yang kamu gunakan bukan aplikasi bodong. Reksadana digibank reksadana prosesnya 100% digital di bank teraman Asia yaitu Bank DBS.

Dengan memahami instrumen investasi yang kamu inginkan, tentunya berinvestasi menjadi sangat menyenangkan. Secara sadar kamu memahami betul apa yang harus kamu lakukan ketika sudah menentukan pilihan. Kamu pun akan belajar mengenai jenis investasi lainnya selain reksadana dan dapat meningkatkan level cara kamu berinvestasi berbagai produk seperti obligasi pasar perdana dan sekunder, rekening dan deposito valas hanya dalam satu aplikasi digibank reksadana. Kamu akan semakin lebih pintar untuk urusan keuangan sehingga terhindar dari inflasi dan siap menghadapi masa depan yang cerah dan bebas secara finansial.

Related posts