Butuh Pinjaman Dana di Tengah Pandemi Corona? Coba Dulu 3 Cara Ini

  • Whatsapp
Butuh Pinjaman Dana di Tengah Pandemi Corona

Merosotnya kondisi ekonomi di tengah wabah Corona memang sangat menyulitkan banyak pihak. Terutama mereka yang terkena dampak atau imbas langsung dari wabah ini, mulai dari pekerja harian, mereka yang terpaksa layoff karena perusahaannya tutup, para pebisnis yang omsetnya menurun drastis atau bahkan 0, dan masih banyak lagi. Sementara, kebutuhan sehari-hari terus berjalan dan bahkan meningkat seiring dengan masa karantina yang diperpanjang dan imbauan untuk tetap di dalam rumah guna menghindari laju penyebaran virus.

Untuk mengatasi hal tersebut, nggak jarang banyak orang yang mau nggak mau lari ke pinjaman dana. Baik itu yang konvensional seperti bank ataupun fintech pinjaman dana online seperti Kredivo. Akan tetapi, pinjaman dana sebaiknya dijadikan sebagai opsi terakhir di tengah pandemi seperti sekarang. Sebab, tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Oleh karena itu, berhemat ketat dan menjaga beban keuangan agar tetap stabil wajib dilakukan demi kelancaran hidup ke depannya.

Boleh aja mengajukan pinjaman dana jika benar-benar mendesak. Namun, sebelum itu, kamu bisa mencoba 3 cara atau alternatif berikut yang tidak membebani keuangan:

Menjual barang-barang berharga

Mulai dari emas, HP, laptop, dan barang-barang berharga lain yang ada di rumah akan sangat berguna di masa pandemi untuk tambah-tambah biaya kebutuhan hidup dan hal mendesak lainnya. Daripada harus pinjam uang dan menambah beban keuangan, lebih baik menjual barang berharga kemudian berhemat-hemat. Ketika kondisi sudah kembali pulih, barang-barang tersebut bisa kembali dibeli. Sementara sebaliknya, jika mengajukan pinjaman dana, kamu perlu memastikan bahwa kemampuan keuanganmu bisa bertahan sesuai dengan tenor yang disepakati agar terhindar dari risiko kredit macet.

Mengadakan garage sale online

Barang berharga seperti HP ataupun laptop masih digunakan untuk aktivitas sehari-hari selama di rumah aja? Sebagai alternatifnya, kamu bisa memilah barang-barang yang tidak lagi terpakai, namun masih layak jual. Misalnya, pakaian, sepatu, atau tas. Kalau branded lebih bagus lagi karena artinya harga jualnya masih akan lumayan. Setelah mengumpulkan barang-barang tersebut, kamu bisa mengadakan garage sale online lewat Facebook, Telegram atau WhatsApp dengan ongkos kirim ditanggung oleh pembeli. Meskipun nggak banyak, tapi lumayan banget buat nutup berbagai kebutuhan yang meningkat selama pandemi, lho!

Jualan makanan

Belum punya kebutuhan yang mendesak tapi mau tambah-tambah penghasilan buat isi tabungan darurat? Buat kamu yang suka masak dan modifikasi resep, nggak ada salahnya lho untuk coba jualan makanan kreasimu. Di tengah pandemi dan masa karantina di rumah, orang cenderung jadi cepat bosan dan lebih banyak makan. Karena nggak bisa keluar, layanan atau jasa delivery online kerap jadi solusi dan favorit untuk beli aneka makanan. Siapa tahu dari yang awalnya jualan kecil-kecilan, malah bisa jadi bisnis yang lumayan menghasilkan?

Masih perlu ajukan pinjaman dana? Pilih yang bunganya paling rendah dengan tenor panjang, ya!

Mengajukan pinjaman dana di tengah masa pandemi, tentu nggak memungkinkan jika ke bank atau lembaga kredit konvensional lain yang perlu datang ke kantor. Alternatif terbaiknya, kamu dapat menggunakan layanan fintech pinjaman dana terpercaya yang sudah terdaftar di OJK. Salah satu contohnya Kredivo.

Mengapa Kredivo?

Sebab, Kredivo adalah fintech pinjaman dana populer yang dapat memberikan kamu limit maksimal sampai Rp 30 juta, jika kamu daftar sebagai Premium User. Nggak cuma itu, suku bunga Kredivo juga sangat bersahabat untuk ukuran pinjaman dana online: yaitu 2,95% per bulannya dengan biaya admin sebesar 6% dari total pinjaman yang kamu ajukan. Kamu juga dapat memilih tenor pinjaman di Kredivo sesuai jenis pinjamannya. Pinjaman mini berlaku untuk pengembalian maksimal 30 hari dengan minimum pengajuan pinjaman sebesar 500 ribu, sedangkan pinjaman jumbo tenornya bisa 3 atau 6 bulan dengan minimum pengajuan pinjaman Rp 1 juta ke atas.

Daftar Kredivo, cukup dari rumah dengan menggunakan HP dan kuota internet. Plus, proses approvalnya hanya memakan waktu 1 x 24 jam sejak kamu submit pendaftaran. Kalau sudah punya limit dan mau mencairkan limit menjadi pinjaman di aplikasi Kredivo, prosesnya hanya memakan waktu 1 hari kerja, lho! Buat kamu yang tertarik pakai aplikasi Kredivo, kamu bisa daftar sekarang apabila sudah memenuhi tiga syarat berikut:

  1. Kamu adalah WNI berusia minimal 18 tahun.
  2. Berpenghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Untuk daftar, kamu dapat download langsung aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Selamat mencoba!

Hosting Unlimited Indonesia

Related posts