Cara Mudah Mencari Rumah Impian Secara Efektif dan Efisien

  • Whatsapp
Mencari Rumah Impian

Banyak jalan dan cara dalam mencari sebuah properti seperti rumah impian kamu, di setiap cara pasti mempunyai pro dan kontra pada masing-masingnya, kamu juga bisa melakukan banyak cara sekaligus dalam mencari rumah impian. Untuk mencari rumah impian memang tidak mudah untuk bisa kita lakukan, karena setiap orang memiliki perjalanan masing-masing.

Orang-orang tersebut memiliki preferensi masing-masing, begitu juga dengan kamu, setiap pilihan kamu pasti juga memiliki alasan. Seperti orang yang lebih suka mempunyai rumah yang dekat dengan kantor, kemudian ada juga yang ingin mempunyai rumah di pinggir kota, sehingga bisa di gunakan sebagai tempat bersantai saat akhir pekan atau waktu libur.

Oleh sebab itu, saya akan mengulas tentang beberapa cara efektis dan efisien dalam mencari rumah impian kamu, berikut cara yang bisa kamu lekukan dalam mencari rumah impian tersebut, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Mencari Saran dari Orang Terdekat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari saran dari orang terdekat seperti orang tua, sahabat, saudara dalan lain sebagainya. Biasanya yang sering saya jumpai di sifat masyarakat Indonesia adalah mencari rumah yang dekat dengan tempat tinggal dari orang tua mereka, baik orang tua sendiri atau pun mertua. Hal ini juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan.

  1. Kekurangan

Jika orang tua atau mertua kamu tinggal di kawasan elite sehingga kamu akan sedikit kerepotan jika ingin tinggal dekat dengan mereka, seperti akan kerepotan dengan harga rumah yang sedikit lebih mahal, karena sesuai dengan kondisi dan lokasi di perumahan elite.

Akan tetapi kamu bisa mencari alternatif lain yaitu, mencari rumah yang lumayan jauh dari orang tua atau mertua kamu yang memiliki harga rumah yang lebih murah sehingga kamu tidak kerepotan.

  1. Kelebihan

Kamu tidak usah melakukan adaptasi lagi di lingkungan baru, pasalnya orang tua atau mertua kamu sudah tahu ada rumah yang bisa kamu tempati dengan pasangan dan yang lebih penting dekat dengan mereka, serta fasilitas yang ada juga mendukung.

Mengunjungi Pameran Properti

Cara yang kedua terbilang cara yang tradisional yang sampai saat ini masih banyak juga orang yang melakukan cara tersebut, seperti cara yang di lakukan oleh kebanyakan orang di Indonesia saat mereka mencari sebuah rumah.

Banyak pameran properti yang bisa kamu kunjungi, yang biasanya di selenggarakan setiap tahun (tahunan). Kelebihan dari cara ini adalah kamu bisa mendapatkan banyak jenis dan ragam dari rumah yang telah di kembangkan oleh developer besar maupun kecil, kemudian para developer tersebut yang hadir di pameran akan memberikan banyak promo menarik selama pameran tersebut di gelar.

Sedangkan kekurangannya, adalah kamu harus bisa meluangkan waktu yang cukup banyak, untuk mengumpulkan brosur atau juga bisa langsung mendatangi kantor developer tersebut, untuk mencari informasi mengenai pameran properti tersebut.

Mencari Rumah Lewat Situs Properti

Kemudian cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam mencari rumah yaitu dengan cara mencarinya lewat situs properti, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk kamu gunakan yakni menggunakan cara mengunjungi situs properti, kamu hanya tinggal duduk manin di depan layar Hp, dan tinggal cari situs properti di browser.

Kelebihan dari cara ini adalah kamu tidak usah cape-cape, untuk mendatangi ke seluruh pameran atau kantor developer untuk mencari rumah impian kamu. Karena saat ini telah banyak developer yang menyediakan layanan berbentuk situs atau website, dan di sertai dengan gambar atau video dari rumah-rumah yang ada di developer tersebut dan di pasarkan melalui situs atau website.

Sedangkan kekurangan dari cara ini adalah kamu harus melakukan cara lainnya yaitu melakukan site visit untuk memastikan keadaan rumah yang telah kamu pilih melalui situs atau website. Dengan cara datang langsung ke lokasi perumahan dan juga fasilitas pendukung lainnya.

Menggunakan Jasa Agen Properti yang Terpercaya

Bagi kamu yang baru pertama kali dalam kegiatan mencari rumah impian, saya yakin pasti kamu belum menggunakan cara dalam mencari rumah melalui agen properti atau broker properti. Terkecuali bagi mereka yang mencari rumah bekas atau properti lainnya seperti tanah, gudang, gedung, apartemen, dan perkantoran, serta yang lainnya.

Kelebihan yang akan kamu dapatkan dari menggunakan jasa agen properti atau broker properti dalam mencari rumah impian adalah tidak perlu meluangkan waktu untuk mencari properti atau rumah yang kamu inginkan, pasalnya semua hal tersebut akan di lakukan oleh agen properti yang bertugas sebagai asisten kamu dalam mencari rumah impian kamu.

Kekurangan yang akan kamu dapatkan dari penggunaan jasa agen properti sebagai asisten kamu dalam mencari rumah impian adalah mendapatkan agen properti yang abal-abal, jadi kamu harus pastikan mendapatkan agen properti yang tergabung ke dalam komunitas atau asosiasi yang di akui di Indonesia khusufnya seperti yang tergabung dalam asosiasi AREBI “Asosiasi Real Estate Broker Indonesia”.

Langsung Mendatangi Rumah Impian yang Sudah Diincar

Jika kamu sudah memiliki target atau bidikan rumah impian, sudah pasti kamu akan langsung mendatangi dan melakukan survei langsung remah tersebut. Kelebihan yang akan kamu dapatkan adalah kamu bisa melakukan pengecekan secara keseluruhan rumah tersebut, mulai dari fasilitas, akomodasi sekitar, dan fasilitas umum lainnya, sedangkan kekurangannya adalah memakan banyak waktu, dan belum tentu juga rumah yang telah kamu incar sesuai dengan yang kamu inginkan.

Nah, itu dia beberapa cara mencari rumah impian yang bisa kamu lakukan dengan mudah, kamu juga bisa melakukan kombinasi cara-cara tersebut, seperti kamu juga bisa mencari lewat online (situs atau website) dan juga datang langsung ke developer atau rumah yang telah kamu incar, sehingga kamu akan lebih cepat menemukan rumah impian kamu.

Related posts