Langkah Mengatasi Panic Attack

  • Whatsapp
Panic Attack

Tak bisa dipungkiri jika setiap orang dapat memiliki rasa panic secara berlebihan. Hal ini memang terjadi secara tak terduga. Meskipun  begitu beberapa orang memang tak begitu mengerti bagaimana langkah mengatasi panic attack.

Padahal mengerti akan hal tersebut sangatlah penting sekali. Nah berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait dengan langkah mengatasi panic attack.

Mengenali panic attack

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengetahui lebih dalam apa itu panic attack. Saat terjadinya panic attack tak jarang tubuh kita akan mendapatkan sinyal berbahaya. Tentunya respond secara otomatis yang diberikan oleh tubuh kita adalah mendapatkan sensasi nyata secara fisik maupun secara psikologis.

Beberapa orang yang tak begitu mengetahui akan panic attack akan merasa jika ketika hal tersebut terjadi adalah sebuah serangan jantung. Maka dari itu sangat penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa itu panic attack secara mendalam.

Dengan begitu anda akan mengetahui gejala, akibat, dan cara penanganan yang lebih tepat.

Lawan pemikiran negative

Tak bisa dipungkiri ketika panic attack pemikiran kita akan lebih banyak condong ke arah negatif. Tentunya hal ini dapat merugikan anda ketika tak dapat mengelola dengan baik. Akan lebih baik jika anda lebih dapat mengontrol dan juga mengelolanya.

Salah satu cara terbaik adalah dengan mengurangi pikiran negatif tersebut. Dengan begitu anda akan lebih banyak dikuasai oleh pemikiran positif yang tak akan merugikan dalam segi apapun.

Atur bagian pernapasan

Secara tidak sadar ketika kita sedang mengalami panic attack, seketika itu juga pernapasan dalam tubuh kita menjadi lebih tak teratur atau terkesan lebih cepat daripada ketika berada didalam keadaan normal. Jika hal ini tidak diatasi maka akan terjadi sebuah gejala sesak napas, pusing, adanya keinginan untuk pingsan, dan dada menjadi lebih sakit.

Agar hal tersebut dapat teratasi maka kita harus dapat melakukan pengaturan napas atau bernapas secara perlahan. Dengan begitu anda terhindar dari berbagai macam gejala yang mungkin ditimbulkan dari pernapasan yang lebih cepat dari biasanya.

Relaksasikan tubuh anda

Selain napas yang menjadi lebih cepat dari biasanya, sebenarnya tubuh kita juga mengikuti reaksi tersebut. Tubuh kita menjadi lebih tegang dari biasanya. Bahkan otot-otot kita menjadi lebih mudah mengeras dari bisanya.

Tentunya merelaksasikan bagian tubuh kita adalah salah satu hal yang begitu baik untuk dilakukan. Relaksasi ini dapat dilakukan dengan cara meletakkan tubuh kita pada posisi berbaring. Pastikan lingkungan sekitar memang dalam keadaan paling nyaman.

Jika anda memang sedang berada di ruangan tertutup seperti mobil. Maka alangkah baiknya jika jendela mobil dibuka. Hal ini dilakukan agar tubuh kita dapat merasakan udara segar dari luar. Pejamkan mata dan naikkan alis sekaligus rasakan ketegangan pada bagian kepala. Lepaskan ketegangan dan sebisa mungkin dibuat lebih relaks.

Lakukan meditasi

Mediasi adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi setiap emosi ataupun  berbagai hal yang terjadi didalam kehidupan yang kita jalani.  Mindfulness merupakan salah satu meditasi yang dapat digunakan untuk mengatasi suatu permasalahan ketegangan seperti panic attack.

Dengan melakukan metode meditasi ini tubuh kita akan mengerti bagaimana menjaga keseimbangan dalam kehidupan dan memberikan respon positif terhadap apa yang terjadi didalam tubuh kita. Tentunya panic attack juga dapat diatasi dengan menggunakan metode ini.

Melakukan yoga

Yoga merupakan salah satu bentuk terapi yang berguna untuk menyeimbangkan pikiran dengan tubuh kita. Banyak fakta menyebutkan jika dengan melakukan metode yoga dapat memberikan efek pikiran positif ketika terjadi suatu kejadian seperti panic attack.

Namun diperlukan beberapa teknik agar panic attack dapat diatasi dengan baik. Dimulai dari postur tubuh (asana), kontrol nafas (pranayama), relaksasi (yoga nidra) dan meditasi. Tentunya dengan melakukan teknik tersebut tubuh kita menjadi lebih mudah untuk mengatur suatu emosi yang terjadi.

Berolahraga dan jaga pola makan

Olahraga dipercaya dapat meredakan beberapa gejala seperti stress. Bahkan kebanyakan orang memang lebih suka menggunakan metode ini. Selain itu menjaga pola makan dengan makanan yang sehat dapat membantu menyeimbangkan pemikiran dan juga tubuh kita.

Hal penting lainnya adalah jika anda pecandu kopi ataupun alkohol sebaiknya kurangi mengkonsumsi hal tersebut. Sebab keduanya menjadi salah satu pemicu terjadinya suatu kejadian panic attack.

Lakukan psikoterapi

Melakukan psikoterasi adalah salah satu hal yang dapat anda lakukan. Anda dapat datang kepada mereka yang dianggap professional membimbing melakukan psikoterapi. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah CBT.

Dengan melakukan metode CBT, anda akan diajarkan untuk dapat mengelola kecemasan dan juga. Tentunya dengan menggunakan pengendalian pikiran, perilaku, dan bagaimana anda dapat menghadapi suatu reaksi yang dapat memicu timbulnya kepanikan.

Langkah mengatasi panic attack seperti yang dijelaskan di atas tak ada salahnya untuk anda terapkan dalam kehidupan.

Related posts