Masalah yang Sering Muncul Pada Kehamilan Trimester Kedua

  • Whatsapp
Masalah yang Sering Muncul Pada Kehamilan Trimester Kedua

Pada masa kehamilan trimester 2 yang berlangsung dari minggu ke 13 sampai ke 28, ataupun kalau hitungan bulan ke-4, 5, sampai 6. Ketika memasuki trimester ini, maka morning sickness dan juga kelelahan yang mungkin ibu rasakan pada trimester 1 sudah mulai menghilang.

Karena banyak wanita yang merasa jauh lebih baik dan lebih kuat ketika memasuki masa kehamilan trimester 2 dibandingkan trimester sebelumnya. Meskipun begitu, ada perubahan besar masih terus terjadi pada tubuh ibu hamil selama masa kehamilan ini. Karena hal itulah yang dapat membuat ibu hamil mungkin akan mengalami gejala-gejala kehamilan lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Keluhan Umum Ibu Hamil pada Trimester 2

Berikut ini ada beberapa keluhan umum ibu hamil pada masa kehamilan trimester 2 beserta cara untuk mengatasinya:

1. Sakit Perut di Bagian Bawah

Pada masa kehamilan trimester 2, ibu hamil mungkin akan mengalami kram atayu nyeri di perut bagian bawah. Karena biasanya terjadi pada rahim ibu yang membesar selama kehamilan dan akan memberikan tekanan pada otot dan ligamen dan sekitarnya. Bukan hanya itu, otot ligamen bundar pada ibu hamil juga akan sering mengalami kram atau Nyeri saat meregang. Ketika hal itu terjadi, ibu hamil itu mungkin akan merasakan nyeri tumpul di perut pada bagian bawah, ataupun nyeri yang tajam seperti ditusuk-tusuk.

Terjadi kram ringan adalah hal yang normal dan wajar dan juga mungkin bisa disebabkan oleh sembelit ataupun hubungan intim. Tapi ada tips untuk mengatasi keluhan kehamilan ini mampu dengan mandi air hangat, kemudian melakukan latihan relaksasi, ataupun menempelkan botol kaca yang di isi air panas yang dibungkus handuk pada perut bagian bawah.

2. Sakit Punggung

Pastinya ketika ibu hamil berat badan yang semakin bertambah juga memasuki trimester 2 kehamilan ini dan akan mulai memberi tekanan pada punggung ibu, sehingga membuatnya akan terasa pegal dan sakit. Maka dari itu, ibu hamil juga disarankan untuk duduk dengan tegak dan menggunakan kursi yang juga  memiliki penyangga punggung yang baik untuk mengurangi tekanan pada punggung.

Pada saat tidur, biasakan tidur miring dengan bantal terselip di antara kedua kaki juga dapat membantu meredakan keluhan kehamilan yang satu ini. Jika di rasa sakit pada punggung sangat tidak nyaman, ibu hamil juga bisa meminta suami untuk memijat bagian tubuh tersebut, ataupun untuk memanjakan diri ibu dengan mendapatkan pijat kehamilan.

3. Gusi Berdarah

Mungkin di sekitar sebagian dari wanita hamil yang mengalami gusi yang bengkak dan akan terasa lembut pada kehamilan trimester kedua. Adanya perubahan hormon mengirimkan lebih banyak darah ke gusi ibu, sehingga nantinya akan membuat jadi lebih sensitif dan juga mudah berdarah. Akan tetapi, ibu hamil tidak perlu khawatir, karena gusi akan kembali normal setelah melahirkan.

Sedangkan, ibu hamil juga bisa menggunakan sikat gigi yang lebih lembut dan pada saat menggosok gigi harus secara perlahan, akan tapi jangan pernah mengurangi kebersihan gigi. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa wanita hamil dengan penyakit gusi akan lebih berisiko akan mengalami persalinan prematur dan juga melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.

Nah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai masalah-masalah saat kehamilan di trimester kedua, ada baiknya ibu hamil juga melengkapi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, seperti salah satunya mengonsumsi susu kehamilan, untuk trimester kedua ini Prenagen sangat cocok di konsumsi. Prenagen ini juga dapat menjawab pertanyaan ibu-ibu hamil yaitu apakah Prenagen Mommy 2 untuk ibu hamil berapa bulan? Dan produk ini juga sangat cocok untuk ibu hamil trimester kedua ini.

Related posts