Mengenal Macam-macam Fungsi Sendi

  • Whatsapp
Sendi

Didalam tubuh kita ini ada sendi, apasih sendi itu? Sendi yakni bagian tubuh yang mengoneksikan tulang-tulang kita. Selain menjadi penghubung tulang, sendi juga memberikan fleksibilitas untuk menggerakkan tubuh. Coba di bayangin, didalam tubuh kita tidak ada sendi, tulang-tulang kita hanya akan mengambang didalam otot tanpa ada yang menyatukan. Tulang kita hanya berdekatan, tapi tidak bisa Bersatu. Tanpa adanya sendi, tulang jadi sendu. Meskipun kegunaannya menghubungkan antar tulang, tapi sendi juga tidak erbentuk seperti cairan kayak lem gitu. Sendi juga tidak selembek apa yang kita pikirkan . kamu harus tau, sendi ini mirip sekali dengan ‘’bantalan’’ yang berbeda diantara tulang-tulang kita ini.

Oh iya, seperti yang sudah dijelaskan di awal, sendi dapat membantu kita untuk bergerak. Tapi, tidak semua sendi membantu menggerakkan tulang-tulang kit. Ada juga beberapa sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali.  Kita bisa bergerak karena ada sistem gerak di dalam tubuh kita. Sistem gerak pada manusia ini dipengaruhi oleh organ-organ yang ada didalam tubuh kita. Banyak sekali sendi tubuh kita yang di gunakan secara berlebihan sebagai penopang atau membantu pergerakan. Ini adalah salah satu penyebab lainnya adalah sebuah penyakit dan cidera yang menimbulkan sebuah masalah. Idi dia jenis sendi yang ada di manusia berdasarkan perbedaan kemampuan gerak:

Sendi Gerak

Sendi gerak adalah koneksi antar tulang dengan kemampuan gerak yang lebih banyak. Pada bagian sendi gerak tulang yang 1 dengan tulang yang lain diikat semacam jaringan peningkat atau ligament. Gerakan antar tulang ini akan menimbulkan sebuah gesekan dan rasa sakit jika pada rongga antar tulang tidak terdapat minyak sendi. Berdasarkan jenis Gerakan pada sendi gerak di kenal dengan berbagai jenis sendi, diantaranya sendi peluru, sendi putar, sendi pelana, sendi gulung dan sendi engsel.

  • Sendi peluru

Sendi peluru ini  adalah  persendian yang memungkinkan Gerakan keseluruh arah, dan biasanya berporos 3. Sendi peluru terdapat pada hubungan antar tulang lengan atas dan tulang belikat. Pada sendi peluru ini ujung satu dengan yang lain membentuk lekukan berupa lingkaran sehingga tulang dapat masuk pada lekukan tulang yang lain

  • Sendi putar

Sendi putar ini yang di maksud ialah yang mengoneksikan antar tulang dimana yang ujung tulangnya yang satu berupa tonjolan yang akan masuk kedalam lubang tulang yang lain disebut sendi putar.

  • Sendi pelana

Sendi ini yang menghubungkan tulang yang memungkinkan terjadinya Gerakan dua arah adalah sendi pelana yang terdapat menghubungkan antara tulang ibu jari ke tulang telapak tangan.

  • Sendi gulung

Sendi yang menghubungkan antara telapak tangan dengan tulang pengumpil merupakan sendi guolung. Hubungan antara tulang paha dan tulang kering pada lutut

Sendi Kaku

Sendi kaku ini merupakan macam macam sendi yang memungkinkan terjadinya sedikit Gerakan. Sendi ini terdapat hubungan antara tulang-tulang pergelangan tangan dan tulang pergelangan kaki . sendi kaku juga merupakan bagian yang bisa bergerak secara terbatas. Sendi ini berupa tilang rawan yang menyatukan antar tulang, tanpa adanya rongga sendi.

Sendi Mati

Sendi mati adalah macam-macam sendi yang menghubungkan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya tanpa dapat digerakkan sama sekali. Persendian jenis ini terdapat pada hubungan antar tulang pada tengkorak

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa sendi, bisa disimpulkan bahwa bagian ini begitu krusial perannya sebagai bagian gerak sistem tubuh. Untuk mencegah semua itu saya sarankan dengan mengonsumsi Anlene Actifit. Dengan kandungan nutrisi yakni kolagen+ vitamin C kamu pun bebas bergerak lebih aktif dan kuat menjalani aktivitas sehari-hari.

Related posts