Reksadana Terproteksi Adalah Reksadana Tanpa Risiko, Benarkah itu?

  • Whatsapp
Reksadana Terproteksi

Investasi reksadana menjadi pilihan yang tepat bagi investor pemula maupun berpengalaman, karena investasi ini memiliki peluang yang cukup tinggi, salah satunya reksadana terproteksi. Investasi reksadana terproteksi adalah jenis reksadana yang memproteksi 100% pokok investasi dari investor. Banyak yang beranggapan bahwa investasi yang satu ini minim risiko atau bahkan dianggap tanpa risiko. Benarkah itu?

Memang bisa dikatakan reksadana terproteksi merupakan salah satu jenis reksadana terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Reksadana ini akan memproteksi hingga 100% pokok investasi investor ketika jatuh tempo, dengan jangka waktu yang sudah ditentukan oleh manajer investasi namun tetap bisa dicairkan sebelum jatuh tempo tanpa menggunakan jaminan apapun terhadap pokok investasi. Sekilas, karakteristik dari Reksadana ini hampir sama dengan investasi deposito, dimana produk reksadana tahan pada kondisi bursa yang mengalami perubahan kenaikan atau penurunan.

Bedanya, jika deposito tetap ada nilai pokok ketika jatuh tempo dan nasabah dapat menentukan jangka waktunya, sedangkan Reksadana terproteksi, manajer investasi yang berhak menentukan waktu jatuhtempo. Jika Anda mencairkan deposito sebelum jatuh tempo maka akan dikenakan denda.

Karakteristik dan Ciri-ciri Reksadana Terproteksi

Sebelum memastikan apakah benar reksadana terproteksi adalah reksadana yang tidak memiliki risiko sama sekali, alangkah baiknya memahami karakteristik dan ciri reksadana terproteksi terlebih dulu untuk bisa membedakan antara reksadana terproteksi dengan yang lainnya.

Pasalnya investasi reksadana terproteksi ini cocok untuk investor yang mempunyai kebutuhan di bawah 5 tahun, karena reksadana terproteksi mempunyai jangka waktu investasi 6 bulan hingga 3 tahun. Pokok investasi yang dilindungi manajer investasi dilakukan dengan cara investasi pasif atau membeli instrumen investasi serta memegangnya sampai jatuh tempo.

Untuk imbal hasil investasi reksadana terproteksi sendiri akan dibagikan secara berkala, dimana manajer investasi membeli obligasi untuk aset dasar reksadana. Secara periodik, imbal hasil yang didapatkan investor berupa kupon.

Risiko Reksadana Terproteksi Tetap Ada

Banyak yang beranggapan bahwa investasi reksadana terproteksi adalah investasi tanpa risiko apapun. Pasalnya hal tersebut cukup keliru, karena di setiap investasi tentu ada risiko yang harus dihadapi. Mungkin lebih tepatnya investasi ini minim risiko dan risikonya tidak sebanyak dengan risiko investasi yang lain.

Salah satu risiko reksadana terproteksi adalah nilai pokok bisa saja sedang turun jika mencairkan maupun menjual unit penyertaan sebelum jatuh tempo. Sehingga sebagai investor, anda perlu memperhatikan dan mengingat kapan tanggal jatuh tempo, jangan sampai nilai menjadi turun.

Tak sampai disitu, risiko lain dari reksadana terproteksi adalah ketika penerbit obligasi gagal bayar, yang menyebabkan imbal hasil serta nilai investasi awal atau pokok investasi pemegang unit reksadana akan berkurang atau justru tidak dibayarkan.

Hasil atau nilai proteksi yang didapat berdasarkan mekanisme investasi mencakup risiko serta benefit yang ada pada aset dasar reksadana terproteksi dan sepenuhnya akan menjadi risiko dan benefit milik investor Reksadana Terproteksi.

Pasalnya meskipun reksadana terproteksi menjadi salah satu reksadana terbaik, namun bukan berarti tanpa risiko. Risiko-risiko ini bukan menjadi halangan atau keluhan bagi Anda, tetapi menjadi tantangan yang harus dihadapi dan dilewati dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, maka manajer investasi harus melakukan langkah terbaik guna menjaga keamanan dan investor.

Investor juga diharapkan untuk bisa mempelajari serta lebih kritis terhadap prospektus serta dokumen keterbukaan produk dari manajer investasi sebelum membeli reksadana terproteksi tersebut.

Investasi Reksadana Terproteksi Lebih Mudah bersama DBS Treasures

Reksadana terproteksi adalah salah satu investasi reksadana yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, kini Anda bisa melakukan investasi reksadana terproteksi lebih mudah di priority banking DBS Treasures saja.

Ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa Anda rasakan dengan investasi reksadana terproteksi di DBS Treasures, beberapa di antaranya seperti:

1. Investasi Pada Aset Terpercaya

Untuk mencegah risiko penurunan dan gagal bayar, tentu Anda harus memperhatikan aset investasi yang terpercaya. Melalui DBS Treasures, anda akan berinvestasi reksadana terproteksi yang dikelola oleh manajer investasi profesional dan terkemuka sebagai mitra bank prioritas DBS Treasures tersebut.

2. Panduan agar Bijak Berinvestasi

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa investor harus banyak belajar dan bersikap kritis dalam menjalankan investasi guna menghadapi risiko yang mungkin akan datang. DBS Treasures memiliki tim ahli finansial yang proaktif untuk memberikan panduan agar bijak berinvestasi, seperti menyampaikan analisa pasar dan peluang terupdate.

3. Kupon Reguler Untuk Pembayaran

Mengingat pembayaran dilakukan menggunakan kupon maka untuk berinvestasi di Reksadana terproteksi Anda akan dapat jadwal pembayaran kupon.

Tak sampai disitu, ada pula fitur serta keuntungan lainnya investasi reksadana terproteksi yaitu

  1. Ada masa investasi yang nantinya akan ditentukan oleh manajer investasi
  2. Investasi reksadana terproteksi memiliki imbal hasil yang cukup menarik yaitu sebesar 6% pertahun atau hampir sama dengan 7,5% gross dalam setahun
  3. Mendapatkan periode penawaran khusus untuk calon investor selama periode berlangsung
  4. Untuk imbal hasil akan dibagikan setiap 3 bulan dan masuk ke rekening tabungan investor dengan tepat waktu atau sesuai tanggal pembayaran
  5. Ketika jatuh tempo, investasi sepenuhnya akan dilindungi. Namun hal ini tidak berlaku apabila dana dicairkan sebelum jatuh tempo

Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui mengenai reksadana terproteksi mulai dari karakter dan cirinya, risikonya hingga keuntungannya. Sampai sini bisa disimpulkan bahwa reksadana terproteksi adalah reksadana terbaik, namun bukan berarti tanpa risiko.

Anda tak perlu cemas lagi untuk berinvestasi Reksadana terproteksi, kini Anda bisa bergabung menjadi nasabah perbankan prioritas dari DBS treasures. Tentunya anda akan mendapatkan beragam manfaat mulai dari kemudahan dan kepraktisan, manajemen kekayaan hingga tips tepat untuk yakin mengambil keputusan yang akurat.

Related posts