Review Timbangan Digital

  • Whatsapp
Timbangan Digital

Timbangan merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dimana, timbangan ini biasanya digunakan untuk mengukur berat suatu benda.  Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini banyak jenis timbangan yang beredar di masyarakat, salah satunya adalah timbangan digital

Timbangan digital ini merupakan alat pengukur yang digunakan untuk mengukur berat atau massa suatu benda atau zat dengan penggunaan yang lebih mudah dan akurat. Timbangan digital ini memiliki indikator berupa angka digital pada layar bacaan. Timbangan badan digital ini tersedia untuk orang dewasa maupun anak-anak. Yang menariknya, timbangan digital untuk anak biasanya memiliki desain yang unik serta gambar yang lucu.

Begitu pentingnya fungsi timbangan badan digital ini untuk memonitor berat badan, maka sebaiknya tiap rumah harus memiliki timbangan badan. Dengan begitu anda bisa menjaga berat badan setiap anggota keluarga. Hal ini dilakukan untuk menjaga berat badan supaya tidak terjadi obesitas atau kegemukan. Seperti yang diketahui bahwa obesitas ini merupakan pangkal dari segala jenis penyakit, seperti jantung. 

Memang timbangan badan digital ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat dibandingkan timbangan badan manual. Karena timbangan badan digital ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Hasil pengukuran yang lebih akurat
  • Didesain dengan lebih modern
  • Penggunaan yang praktis
  • Awet dan lebih tahan lama

Setelah mengetahui kelebihan timbangan badan digital, lalu bagaimana cara memilih timbangan digital yang benar? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Timbangan Digital

Tips Memilih Timbangan Digital

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Tips memilih timbangan digital yang pertama adalah pastikan anda membeli timbangan digital ini sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya, jika untuk bayi maka pilihlah timbangan digital khusus bayi. Karena timbangan digital untuk bayi ini memiliki bentuk yang berbeda dari timbangan pada umumnya. Oleh karena itu, pastikan anda ketahui terlebih dahulu fungsi dan jenisnya. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak. Jangan sampai anda membeli timbangan digital yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang anda butuhkan.

2. Pilih Yang Sudah Terkalibrasi

Tips memilih timbangan digital selanjutnya adalah pilih yang sudah terkalibrasi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kalibrasi dalam timbangan sangat berperan penting guna memastikan bahwa hasil pengukuran sudah akurat dan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

3. Perhatikan Kualitas Bahannya

Hal lainnya yang harus anda perhatikan saat memilih timbangan digital adalah kualitas bahan yang digunakan. Dalam hal ini, pilihah timbangan digital yang menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan terbaik. Bukan hanya itu, pastikan juga kalau anda memilih timbangan digital yang mudah digunakan, sehingga anda tidak usah ribet saat menggunakannya.

4. Pastikan Ada Garansinya

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan saat memilih timbangan digital adalah garansinya. Seperti yang diketahui biasanya saat membeli barang elektronik akan disertai dengan kartu garansi. Kartu garansi ini cukup penting karena menunjukkan jaminan kelayakan produk yang akan diberikan kepada konsumen. Bukan hanya itu, kartu garansi ini juga bisa menunjukkan keaslian suatu produk yang ditawarkan.

5. Mampu Mengukur Body Mass Index (BMI)

Tips memilih timbangan digital selanjutnya adalah pilihlah timbangan badan digital yang mampu menimbang berdasarkan BMI. Dengan demikian, anda bisa langsung mengetahui apakah anda mengalami kelebihan berat badan, normal, atau mengalami kurang berat badan. 

6. Kemampuan Maksimal Menimbang

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat memilih timbangan digital adalah mengetahui kemampuan maksimal menimbang pada timbangan. Karena tiap timbangan badan digital ini memiliki kemampuan yang berbeda. Ada yang kapasitasnya hanya mampu menimbang sampai 150 kg dan juga yang sampai 200 kg. 

7. Fitur Dalam Timbangan Digital

Perlu diketahui bahwa salah satu kelebihan dari timbangan digital ini adalah memiliki fitur yang lebih banyak. Seperti ada timbangan digital yang bisa mengeluarkan suara yang membacakan hasil pembacaan timbangan yang sudah dilakukan. 

8. Hasil Timbangan Yang Akurat

Dalam hal ini, pilihlah timbangan berat badan digital dengan hasil pengukuran yang akurat. Dengan demikian, anda dapat memastikan bahwa memang angka yang muncul mencerminkan berat badan orang yang ditimbang. Oleh karena itu, pilihlah timbangan digital yang bagus dengan jaminan kualitas hasil timbangan yang akurat.

Cara Merawat Timbangan Digital 

Agar timbangan digital lebih awet dan tetap terlihat seperti baru, berikut ini tips perawatannya :

– Timbangan digital memiliki sensor halus, oleh karena itu jangan perlakukan kasar, guncangan dan getaran.

– Pastikan baterai timbangan digital anda memiliki daya dengan cukup. Karena timbangan tidak akan bisa membaca dengan akurat kalau daya baterai lemah. 

– Timbangan digital ini tidak tahan air. Maka dari itu jangan disimpan di tempat yang lembab.

– Gunakan timbangan digital dalam permukaan yang datar

– Jangan menimbang dengan berat yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Karena hal ini dapat merusak ketahanan timbangan digital anda. 

– Matikan timbangan digital anda jika anda sudah tidak menggunakannya lagi karena timbangan dalam keadaan menyala terus meneurs maka LOADCELL akan bekerja terus menerus pula.

Beberapa Jenis Timbangan Digital

Berikut ini beberapa jenis timbangan digital yang bisa anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan :

* Omron HN – 286

Omron HN – 286 ini merupakan timbangan badan digital yang menggunakan 4 sensor untuk mendapatkan hasil pengukuran berat badan yang lebih akurat dengan tingkat presisi yang tinggi. Selain itu, dengan memiliki layar LCD yang cukup besar sehingga memudahkan anda untuk membaca hasil pengukuran berat badan antara 5 kg hingga 180 kg (dengan penambahan sebesar 100 gram), bahkan perubahan  yang kecil pun dapat terdeteksi. Dengan demikian, timbangan berat badan digital ini bisa dijadikan alat bantu untuk memonitor berat badan secara mudah dan akurat. Kerenkan?

* Rossmax WB 100

Jenis timbangan berikutnya adalah Rossmax WB 100. Dimana, Rossmax WB 100 ini adalah timbangan digital yang didesain modern dan eksklusif dengan informasi berat yang akurat. 

Fitur Rossmax WB 100 :

– Teknologi 4 sensor untuk mendeteksi berat badan

– Memiliki ukuran layar LCD yang besar dan memiliki ketepatan 100 gram

– Berat maksimum 150 kg dan memiliki fungsi auto

– Garansi 2 tahun

* Beurer GS 201

Beurer GS201 ini adalah timbangan digital dengan presisi tinggi yang didesain dengan elegan dan bentuk yang lebih ramping. Selain itu, timbangan digital ini juga memiliki ketahanan sampai dengan 150 kg. 

Fitur Beurer GS201 :

– Layar LCD yang cukup besar

– Permukaan tempat berdiri yang terbuat dari kaca yang aman : 30 x 30 cm

– Bisa disesuaikan antara kg/lb/st

– Ukuran : 30 x 30 x 1,9 cm . Layar : 83 x 45 mm

– Kapasitas Berat : 150 kg

Related posts