Tahapan Rehabilitasi Narkoba Rawat Jalan

  • Whatsapp

Rehabiltasi narkoba rawat jalan adalah salah satu yang dapat dimanfaatkan bagi para pecandu dan ingin sembuh. Cara ini tidak mengharuskan pasien berada di panti atau tempat Rehabiltasi. Pasalnya, prosesnya tetap bisa berlangsung dengan memanfaatkan rawat jalan.

Beberapa Tahapan Rehabilitasi Narkoba Rawat Jalan

Meskipun sifatnya rawat jalan, tentu memiliki prosedur atau tata cara yang tidak begitu berbeda seperti rawat inap. Terdapat berbagai macam metode guna membantu pemulihan serta terlepas dari ketergantungan akan narkoba. Berikut beberapa tahapannya.

  1. Tahapan Medis

Sama halnya seperti pengobatan di panti Rehabiltasi, metode rawat jalan pun memerlukan tahapan medis dalam proses pemulihannya. Langkah pentingnya ialah detoksifikasi. Tahap Inu bertujuan untuk mengatasi permasalahan akan ketergantungan terhadap narkoba.

Zat yang ada pada narkoba tentu membuat dan menciptakan candu. Bahkan hal tersebut menimbulkan berbagai macam gejala yang sering dikenal dengan sakau. Proses detoksifikasi bertujuan guna mengatasi masalah tersebut agar secara perlahan bisa terlepas.

  1. Tahapan Non-medis

Setelah tahapan media berlangsung, maka proses pemulihan selanjutnya dilakukan dengan menerapkan metode non-medis. Dalam hal ini yaitu mencoba untuk memulihkan kesehatan mental pasien. Sebab, zat yang ada Pada narkoba pun memiliki efek terhadap mental.

Oleh karena itu, pasien akan mengikuti berbagai macam sesei guna memulihkan mentalnya dan mampu kembali berbaur secara normal. Metodenya adalah melalui konseling dengan konselor. Tujuannya untuk memberikan arahan kepada pecandu dan tak kembali konsumsi.

  1. Tahapan Aftercare

Proses Aftercare juga menjadi tahapan yang sangat penting dalam Rehabiltasi narkoba baik rawat jalan ataupun inap. Langkah ini dilakukan agar semua cara yang sudah berlangsung tidak menjadi sia-sia. Sebab, tak jarang pasien kembali konsumsi narkoba.

Aftercare atau bina lanjut merupakan sebuah proses guna memberikan dukungan serta membimbing pasien. Tujuannya agar bisa benar terlepas dari ketergantungan narkotika. Ada banyak cara yang dapat dilakukan supaya mengalihkan fokusnya untuk konsumsi narkoba.

Tahapan Setelah Rehabilitasi Narkoba Rawat Jalan

Walaupun sudah menjalani Rehabiltasi narkoba rawat jalan dan dinyatakan sembuh, tentu prosesnya tidak berhenti sampai disitu saja. Pasalnya dalam beberapa kasus masih ada pasien yang kembali mengonsumsin narkoba. Berikut beberapa tahapannya.

  1. Mengikuti Community Support

Umumnya pasien yang belum ataupun sudah dinyatakan pulih akan tergabung dengan grup atau Community support. Hal ini bertujuan agar bertemu orang-orang yang pernah menjalani metode rehabilitasi narkob. Sehingga dapat bertukar pikiran serta memberikan tips.

Biasanya di dalam grup tersebut akan bercerita dan berbagi pengalaman selama konsumsi narkoba dan menjalani Rehabiltasi. Tujuannya supaya bisa membukatkan niat kembali agar tidak terjerumus ke dunia narkotika. Tentu melalui dukungan dan tips dari orang sekitar.

  1. Menghindari Pemicu

Menghindari pemicu yang dimaksudkan adalah menjauhi segala hal atau menjadi alasan konsumsi narkoba lagi. Dalam kebanyakan kasus pengaruh utamanya ialah faktor lingkungan. Oleh karena itu Anda perlu memulai untuk menyeleksi pergaulan supaya bisa terhindar.

Selain faktor lingkungan, pemicu lainnya yang membuat seseorang konsumsi narkoba adalah kesehatan mental. Umumnya yaitu merasa depresi atau stres dikarenakan suatu masalah. Untuk itu, cobalah mencari kegiatan positif supaya lebih produktif dan fokus pun teralihkan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa tahapan rehabilitasi narkoba rawat jalan serta langkah penting setelah proses pemulihan. Sebab, hal tersebut bertujuan untuk menghindari kembalinya pasien konsumsi narkoba. Jadi, pemulihan tidak hanya sampai disitu saja.

Related posts