Tips Menjaga Keamanan Mobile Banking yang Wajib Dicoba

  • Whatsapp
Tips Menjaga Keamanan Mobile Banking yang Wajib Dicoba

Transaksi keuangan lewat sistem digital saat ini banyak disediakan oleh pihak perbankan, khususnya saja melalui layanan Mobile Banking. Karena kehadirannya memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi nasabah.

Semua kegiatan perbankan tersebut dapat Anda lakukan hanya melalui akses ponsel pintar. Jadi, Anda tak perlu lagi untuk mengunjungi beberapa tempat untuk melakukan transaksi pembayaran ini. Belum lagi dengan banyaknya antrian dan pembayaran parkir kendaraan yang harus Anda keluarkan.

Sehingga jelas bahwa produk perbankan ini cenderung lebih praktis, mudah dan ekonomis. Meski begitu, bukan berarti layanan produk tidak memiliki kekurangan. Mengingat saat ini ada banyak oknum yang menyalahgunakan layanan dari digital perbankan tersebut.

Berhati-Hati dengan Modus Layanan Mobile Banking

Menggunakan layanan dari mobile perbankan, bukan berarti Anda akan terhindar dari resiko penipuan. Apalagi saat ini ada banyak modus pembobolan dengan menggunakan nomor handphone.

Sehingga dianjurkan bagi para nasabah untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan layanan tersebut. Anda juga harus memberikan perlindungan ekstra terkait data pribadi yang dimasukkan pada aplikasi. Apalagi di Indonesia sendiri, kasus pembobolan biasa terjadi karena kurangnya pengetahuan nasabah.

Mereka cenderung sangat mudah dimanipulasi oleh para oknum tidak bertanggung jawab. Padahal, sistem keamanan dari pihak bank sudah cukup baik dan telah menggunakan bullet proof atau anti pembobolan.

Contohnya saja seperti kasus peretasan menggunakan kode OTP. Di mana kasus pembobolan tersebut terjadi karena mudahnya target nasabah untuk dimanipulasi. Mengatasi hal ini, maka Anda harus tahu bagaimana saja cara untuk memberikan keamanan yang lebih baik.

Beginilah Tips Menjaga Keamanan Mobile Banking dari Penipuan

Demi mencegah terjadinya pembobolan atau penipuan pada rekening Anda, beberapa tips ini bisa diikuti.

  1. Pastikan Membuat Password Login Mobile Banking yang Aman

Tips pertama adalah membuat password seaman mungkin yang tidak diketahui oleh orang lain. Password dengan kombinasi angka dan huruf yang sulit ditebak. Hindarilah membuat password dari kombinasi tanggal lahir, bulan dan tahun lahir, serta angka 1 – 10.

Meskipun sekarang ada beberapa mobile banking yang menggunakan sistem keamanan login dengan finger print, tapi perlu Anda ketahui ada saat saat dimana login manual dengan password harus tetap dilakukan misalnya setelah update aplikasi. Karena itu tetap wajib untuk membuat password login yang unik dan susah ditebak.

  1. Cek Riwayat Transaksi

Pastikan untuk selalu memeriksa riwayat transaksi yang Anda lakukan di m banking. Sehingga nantinya Anda bisa melihat setiap transaksi pengeluaran, serta menghindarkan resiko adanya transaksi palsu. Jika nantinya menemukan ada kesalahan transaksi maupun transfer mencurigakan, segeralah melapor pada pihak bank terkait.

  1. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah memberikan informasi data pribadi Anda. Contohnya saja seperti kode OTP, PIN, password akun, serta CVV kartu kredit maupun debit. Karena informasi ini biasa disalahgunakan oleh oknum untuk melakukan modus penipuan.

  1. Hindari Transaksi Pakai Internet Publik

Tips keamanan selanjutnya adalah menghindari akses dan transaksi Mobile Banking menggunakan koneksi jaringan publik. Karena kita tidak tahu bagaimana keamanan dari jaringan wifi publik, sehingga hal ini sangatlah beresiko.

  1. Selalu Update

Pastikan Anda selalu melakukan update pada aplikasi digital perbankan. Pembaruan ini biasanya juga ditujukan untuk meningkatkan keamanan dari produk perbankan tersebut. Tak jarang, aplikasi versi lama memiliki error atau bug yang diatasi dengan adanya pembaruan versi terbaru.

  1. Keamanan Smartphone

Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan sistem keamanan pada perangkat ponsel pintar. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir jika ada oknum yang ingin membobol aplikasi perbankan. Karena mereka akan kesulitan untuk mengakses ponsel tersebut jika tidak tahu kunci password nya.

Selain meningkatkan sistem keamanan dari diri sendiri, Anda juga harus memilih layanan perbankan yang memberikan jaminan keamanan. PermataMobile X bisa menjadi solusi layanan perbankan yang aman untuk berbagai urusan keuangan Anda.

Keuntungan Produk Perbankan PermataMobile X dari PermataBank

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda rasakan jika menggunakan PermataMobile X diantaranya:

  1. Mudah dan Praktis

Dari segi kemudahan, PermataMobile X menyediakan layanan perbankan yang praktis bagi nasabah. Untuk kepentingan transfer juga bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik saja. Anda bisa cek semua akun hanya dalam satu layar ponsel.

  1. Cek Mutasi dengan Mudah

Kelebihan ini sangat membantu para nasabah apalagi mereka yang punya banyak transaksi setiap harinya. Di PermataMobile X hanya dalam berapa kali sentuh layar handphone Anda akan bisa langsung melihat mutasi rekening selama 12 bulan secara real time.

  1. Mempunyai Banyak Fitur

Berbagai layanan tersebut tentunya didukung dengan ratusan fitur yang ada, yakni sekitar 200 fitur perbankan. Untuk fitur penting lainnya, tersedia dalam layanan Tabungan dan Giro, Investasi, Kartu Kredit, serta Pinjaman. Tentu saja fitur ini akan sangat menguntungkan untuk aktivitas perbankan Anda.

Sebagai solusi produk perbankan yang aman, PermataMobile X menghadirkan fitur keamanan yang terjamin. Fitur tersebut adalah Fingerprint dan Face ID yang memberikan keamanan terkait akses aplikasi. Fitur tersebut juga akan mempermudah proses login Anda jadi dan lebih cepat. Masih dalam hal keamanan, perusahaan juga menyediakan fitur Digital Token sebagai ganti SMS OTP.

Sedangkan dari segi kemudahan, dapatkan berbagai kenyamanan melalui fitur Transfer dan PermataStore untuk belanja produk perbankan. Anda juga akan mendapatkan kemudahan lewat fitur QR Pay. Fitur QR Pay akan mempermudah sistem transaksi belanja Anda melalui barcode.

Layanan kemudahan lainnya adalah cara daftar mobile banking bagi para nasabah. Berbagai fitur dan layanan menguntungkan pasti akan Anda dapatkan melalui aplikasi PermataMobile X. Segera download aplikasi Mobile Banking ini di smartphone Anda!

Related posts