7 Cara Mengolah Labu Siam

  • Whatsapp
Labu Siam

Labu siam termasuk ke dalam jenis sayuran yang rupanya banyak diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat. Jenis sayur yang satu ini bisa diolah hingga menjadi berbagai jenis masakan. Tanaman ini berasal dari Thailand dan memiliki tekstur yang lembut. Rasanya cenderung manis dan tentunya lezat. Sayur ini sebaiknya diolah melalui beberapa langkah yaitu sebagai berikut.

Bersihkan getahnya

Sebelum diolah hingga menjadi makanan labu siam harus dibersihkan terlebih dahulu. Cara membuang getahnya adalah dengan memotong bagian pangkal buah hingga akhirnya nanti getahnya bisa keluar. Labu siam yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian ini kemudian bisa digosokkan hingga getahnya lama-kelamaan akan menghilang. Barulah setelah itu potongannya bisa dicuci bersih. Sebaiknya potongan dari sayur labu siam ini harus dicuci n dengan menggunakan air yang mengalir agar bisa benar-benar bersih.

Kupas labu siam

Membersihkan getah yang ada pada labu siam sebenarnya juga bisa dilakukan dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu. Mengupas kulit ini memang harus dilakukan agar nantinya labu siam bisa diolah hingga menjadi bahan pelengkap masakan.

Bersihkan labu siam

Jika telah dikupas kulitnya maka selanjutnya Anda bisa membersihkan labu siam sebelum kemudian diolah. Membersihkan labu siam setelah dikupas boleh saja. jika tidak terlalu bersih. Bersihkan labu siam secukupnya dan ala kadarnya saja agar nantinya sayur ini bisa diolah dalam keadaan yang bersih.

Potong menjadi bagian lebih kecil

Setelah dikupas dan sedikit dibersihkan maka selanjutnya Anda bisa mulai memotongnya. Tentu saja Anda bisa memotong sayur ini sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan selera. Sesuaikan besar potongan labu siam dengan masakan yang akan diolah sehingga nantinya sayur labu siam akan terasa nikmat  saat dimakan.

Rendam dalam air garam

Setelah dipotong hingga menjadi beberapa bagian, selanjutnya rendamlah potongan tersebut. Proses merendam potongan labu siam bisa dilakukan dengan menggunakan air garam. Proses perendaman potongan sayur dengan menggunakan air garam ini sebaiknya dilakukan selama kurang lebih 5 menit agar nantinya bisa terasa enak.

Bilas dengan air bersih

Setelah merendam sayur labu siam dengan menggunakan air garam maka selanjutnya Anda bisa membilasnya. Jadi potongan labu siam yang telah bersih dan telah direndam itu kemudian 5 menit setelahnya bisa segera dibilas. Proses pembilasan potongan sayur labu siam ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakan air yang mengalir. Air yang mengalir tentu dapat membuat labu siam yang telah dipotong menjadi bagian-bagian kecil bisa semakin bersih dan lebih sehat.

Masak labu siam

Potongan labu siam yang telah melalui proses perendaman dan pembilasan kemudian siap untuk diolah. Maka Anda bisa memasak potongan sayur tersebut hingga menjadi bahan pelengkap sayuran sesuai selera. Usahakan untuk mendapatkan labu siam dengan kualitas terbaik agar masakan jadi lebih nikmat.

Labu siam yang memiliki ciri khas berupa garis pada bagian buahnya ini seringkali menjadi sayur pilihan. Sayur ini bisa diolah hingga menjadi bahan pelengkap untuk sayur bening dan sop ataupun lainnya. Namun tentunya cara pengolahannya harus tepat seperti di atas. Untuk mendapatkan labu siam terbaik maka Anda bisa membelinya di e-commerce yang biasa menjual sayuran segar seperti TaniHub. Disini tersedia berbagai macam bahan makanan secara lengkap sehingga Anda bisa memilih labu siam dan bahan makanan lainnya secara lebih leluasa. Belum lagi produk yang dikirimkan merupakan pilihan dari hasil petani di Indonesia. Sehingga tentu lebih terjamin kualitasnya.

Related posts