3 Penyebab Gusi Berdarah yang Sering Terjadi

  • Whatsapp
Penyebab Gusi Sering Berdarah

Apakah kamu tahu penyebab gusi sering berdarah? Hal ini dapat disebabkan karena ketika sikat gigi dapat bermacam-macam faktor yang menemukan darah pada sikat gigi yang kamu gunakan dan hal ini bukanlah sebagai hal yang menyenangkan, akan tetapi jangan khawatir, karena kondisi ini juga tidak berbahaya sama sekali bagi kesehatan kamu, namun juga ada beberapa tindakan dapat membantu kamu dalam mengembalikan senyum percaya diri setiap hari.  Maka dari itu kamu harus terus simak agar kamu bisa mengetahui cara mengatasi gusi berdarah  ketika sikat gigi.

3 Penyebab Gusi Berdarah yang Sering Terjadi

Pastinya kamu juga pernah kan mengalami hal yang aneh ketika sikat gigi, dan yang paling umum adalah tiba-tiba gusi berdarah dan darahnya menempel di sikat gigi yang kamu gunakan, nah untuk kamu yang memiliki gusi berdarah, berikut ini ada 3 penyebab dari gusi berdarah ketika sikat gigi yang paling sering terjadi, dan juga cara mengatasi gusi berdarah ketika sikat gigi yang dapat kamu coba sendiri.

Mulut dan Gigi Kurang Bersih

Dengan membiasakan menyikat gigi yang kurang konsisten ataupun yang tidak dilakukan dengan cara yang baik dan benar maka akan berisiko dan berujung pada radang gusi sehingga gigi akan mengalami pendarahan ketika tergores oleh sikat gigi, kondisi ini juga disebut gingivitis. Ketika ada perdarahan pada gusi ini merupakan gejala awal gingivitis. Kondisi gingivitis juga harus segera ditangani agar tidak berkembang menjadi periodontitis atau kondisi yang lebih parah. Penyakit periodontal yaitu sebuah infeksi pada jaringan yang menahan gigi pada tempatnya. Hal ini umumnya juga disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi dan juga flossing yang buruk yang memungkinkan adanya plak ataupun lapisan bakteri yang sangat lengket kemudian juga menumpuk di gigi dan mengeras.  Maka dari itu kamu harus membiasakan menyikat gigi secara rutin setidaknya di pagi serta malam hari sebelum mau tidur kurang lebih selama dua menit. Kamu juga harus gunakan pasta gigi khusus untuk menjaga kesehatan gusi seperti dari Pepsodent Cengkeh yang dilengkapi dengan formula mutakhir agar dapat merawat gusi sehat alami sepanjang hari.

Terdapat Karang Gigi

Karang gigi ini adalah plak yang menumpuk sehingga lama kelamaan akan mengeras dan jadilah karang gigi. Karang gigi ini tidak akan bisa hilang dengan menyikat gigi saja. Namun supaya bisa mengatasi gusi berdarah karena penumpukan karang gigi, kamu bisa berkonsultasi ke dokter gigi yang kamu percaya dengan secara rutin setidaknya enam bulan sekali untuk melakukan perawatan pembersihan plak dan karang gigi yang sudah menumpuk. Kemudian plak dan karang gigi juga bertanggung jawab pada berkembangnya bakteri di sekitar gigi kamu, apabila hal ini jika tidak ditangani segera maka akan dapat menyerang gusi dan menyebabkan pembengkakan dan bisa berisiko gusi berdarah. Karena gusi yang lemah ini akan dapat berdarah ketika kamu menyikat gigi ataupun bahkan ketika makan.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok ini juga dapat mengakibatkan  gusi tidak berfungsi secara normal dan meningkatkan risiko gingivitis. Apabila tidak diobati, maka dapat menyebabkan periodontitis. Kebiasaan merokok juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu. Dan akan membuat tubuh lebih sulit untuk melawan infeksi gusi. Sesudah kamu mengalami kerusakan gusi, maka merokok juga membuat gusi kamu akan lebih sulit sembuh. Pada kasus yang lebih parah, hal ini jiha bisa membuat gigi kamu tanggal.

Nah, maka dari itu mulai sekarang kamu harus rutin menyikat gigi di pagi dan juga malam hari agar gigi kamu tetap sehat putih berseri, jangan lupa juga menggunakan pasta gigi yang tepat seperti dari Pepsodent.

Related posts