Cara Menghitung Keuangan Dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Menghitung Keuangan

Menghitung uang memanglah harus jeli, salah perhitungan sedikit akan berimbas banyak untuk perhitungan selanjutnya. Untuk itu kelola keuangan kalian dengan perhitungan yang baik agar tidak sampai terjadi hal yang tidak menguntungkan bagi suatu perusahaan yang sedang dikelola.

Perlu kalian ketahui bahwa laporan keuangan sebetulnya sangatlah penting bagi perusahaan manapun, baik dari skala terkecil maupun besar. Sayangnya pada perusahaan skala kecil, terkadang masih mengesampingkan (menyepelekan) hal ini. Dari salah satu alasannya ialah terkait pembuatan laporan keuangan dianggap cukup rumit dan akan memakan waktu. Padahal ada banyak contoh laporan keuangan sederhana yang bisa dijadikan acuan untuk membuat laporan yang baik dan mudah.

Melihat dari perusahaan besar, mungkin laporan keuangan perusahaannya sudah terstruktur rapi karena sudah dikerjakan oleh bagian petugas akuntan yang berpengalaman dan mahir dalam bidang akuntan tersebut. sedangkan bagi perusahaan kecil, sebenarnya memang masih terlalu awam untuk persoalan dalam pencatatan akuntansi. Tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan dijelaskan tentang cara membuat serta bagaimana contoh laporan keuangan sederhana yang semoga dapat membantu kalian semua yang masih kebingungan soal hitung-menghitung (mengelola) keuangan, terutama pada perusahaan atau bisnis lain yang sedang dikelola.

Cara membuat laporan sederhana

Adapun perusahaan atau jenis bisnis kalian masih dalam lingkup skala kecil tidak boleh mengabaikan dalam pembuatan laporan keuangan. Sebagian besar mereka hanya melihat yang penting omzet yang dihasilkan memiliki jumlah besar, sampai-sampai tidak peduli untuk mengetahui arus keluar masuknya uang. membuat laporan cukuplah sederhana dan mudah tanpa harus bingung-bingung. Untuk itu kami akan mengulas terkait laporan keuangan yang paling sederhana bagi perusahaan atau bisnis yang masih lingkup kecil.

  1. Buatlah buku catatan pengeluaran

Buku pengeluaran bagi kalian untuk memulai suatu usaha adalah hal yang sebaiknya harus diperhatikan. Buku penguaran ini dibuat khusus dan terpisah dari buku-buku lainnya. Kemudian catatlah semua pengeluaran mulai dari pembelian barang hingga pengeluaran sejumlah biaya dengan jelas dan teliti. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah mengetahui berapa jumlah nominal modal usaha yang telah dikeluarkan oleh perusahaan.

  1. Buatlah buku catatan pengeluaran

Buku catatan pemasukan pun perlu, tidak hanya buku pengeluarannya saja yang harus dipertimbangkan untuk mengurus keuangan perusahaan kalian. Seperti hutang piutang yang sudah dibayarkan dan hasil penjualan barang. Pencatatan tersebut harus kalian lakukan untuk setiap harinya. Hal tersebut agar memudahkan kalian dalam membuat laporan bulanan perusahaan.

  1. Buatlah buku kas utama

Untuk buku kas itu sendiri merupakan buku catatan gabungan antara pemasukan dan pengeluaran. Maksud dari penggabungan tersebut adalah bertujuan mengetahui lebih detail  terkait besar kecilnya keuntungan dan kerugian pada perusahaan. Buku kas utama ini juga dapat berfungsi sebagai dasar pembuatan perencanaan strategi masa depan dari perusahaan.

  1. Buatlah juga buku stok barang

Bagian barang juga perlu dicatat oleh pihak perusahaan bukan perkara hanya soal keuangan saja. dalam melakukan pencacatan tersebut harus dilakukan secara continue dan rutin setiap hari. Jika di logikakan pada penjualan yang tinggi alangkah baiknya arus jumlah dari barang yang akan keluar dan masuk pun semakin tinggi.

Pada buku stok barang ini juga dapat digunakan untuk memonitor jumlah persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, buku stok barang juga berguna untuk menghindari dari adanya kecurangan yang terkadang dilakukan oleh para supplier ataupun pegawai perusahaan sendiri.

  1. Terakhir buatlah buku inventaris barang

Buku inventaris berguna untuk mencatat semua barang yang dimiliki perusahaan kalian. Mencatat barang, baik yang sudah kalian beli maupun telah diurus. Hal lainnya tentang buku inventaris ini berguna agar asset perusahaan tetap stabil dan terkendali.

Setelah apa yang telah dijelaskan tadi, kalian bisa langsung mempraktikkan langsung untuk mengatur keuangan pada perusahaan agar bisa menjadi lebih baik lagi. Namun jika disara hal itu terlalu rumit, kalian bisa menggunakan Kasir Pintar untuk Pc, guna tidak perlu capek untuk mencatat.

Related posts