Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kalian Ketahui

  • Whatsapp
Manfaat Puasa

Puasa adalah kegiatan menahan haus dan lapar, serta hawa nafsu pada periode tertentu dari mulai terbitnya Fajar hingga terbenamnya Matahari. Bagi umat Islam, puasa Ramadan adalah sebuah ibadah wajib untuk dilakukan selama satu bulan penuh.

Namun, ternyata selain karena alasan ibadah, puasa juga dilakukan atas kebutuhan medis tertentu dan bahkan bisa menyembuhkan penyakit, lho.

Di sini apabila kalian mau mengetahui kegunaan atau manfaat dari puasa untuk kesehatan tubuh, yuk langsung saja simak di bawah ini:

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti kebanyakan orang. Ketika berpuasa tubuh akan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dan menurunkan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Menjaga Berat Badan

Ketika berpuasa usus akan bersih dari sisa endapan makanan yang menyebabkan lemak pada perut. Puasa juga memperlancar sistem pencernaan sehingga buang air menjadi lancar.

Sehat bagi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring racun dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1.000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Puasa bermanfaat untuk mencapai fungsi maksimal ginjal. Sehingga ginjal menjadi sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Puasa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa tingkat limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat. Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat puasa berikutnya adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Ketika berpuasa, tubuh akan memakan cadangan lemak untuk mendapat energi. Nah, lemak tersebut akan membakar racun dalam tubuh secara bersamaan. Dengan begitu, tubuh akan lebih bersih dan sehat karena kadar racun yang telah berkurang.

Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan melakukan puasa juga dapat meningkatkan neurotropik yang berguna untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Dan berdampak pada meningkatnya fungsi otak. Dengan begini, kemampuan berpikir seseorang tetap terjaga dan meningkatkan kecerdasan.

Mencegah Diabetes

Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Dengan berpuasa, hal ini bermanfaat untuk mencegahnya. Karena berpuasa mengurangi konsumsi gula, sehingga risiko diabetes bisa ditekan.

Mengurangi Sakit Sendi

Perlu kalian ketahui juga dengan berpuasa akan mengurangi sakit pada sendi, asalkan puasa secara teratur akan meningkatkan sel pembasmi bakteri yang terbukti berguna dalam penyembuhan radang pada sendi.

Menurunkan Adrenalin

Pada saat berpuasa keadaan psikis akan menjadi tenang dan rileks, hal ini berpengaruh pada berkurangnya tingkat adrenalin yang bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah.

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Penyakit strole dan jantung bisa disebabkan karena kolesterol yang sangat tinggi. Puasa terbukti bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Sehingga terhindar dari resiko penyakit stroke dan jantung.

Pembentukan Sperma

Setelah dilakukannya penelitian, Sperma akan berkembang lebih pada saat kita berpuasa. Nah di sini yang harus diketahui adalah sperma berkembang melalui perubahan hormon hipotalamus- pituatari testicular dan pengaruh dari kedua testis.

Memperbaiki Pola Makan

Dengan pola makan yang berubah kalian tentu merasa lapar. Tetapi, kalian dapat berlatih dengan berpuasa, sehingga kalian mempunyai kesabaran untuk menahan lapar dan terbiasa menjalaninya.

Kalian juga dapat latihan makan dengan porsi yang jelas yaitu, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Dan kalian juga bisa lihat Promo Ramadhan terlengkap di blibli pada tahun 2020 ini.

Related posts