Mengapa Blog Niche Lebih Baik Daripada Blog Gado-gado?

Blog

Apa sih yang dimaksud dengan niche blog?

Niche blog adalah topik/tema/bidang yang kamu tulis, dan idealnya sebuah blog itu memiliki 1 niche yang spesifik.

Penting untuk memiliki niche yang spesifik dan tetap dalam blog, hal ini juga berguna sebagai sarana anda untuk membangun brand blog anda. Blogging dengan memiliki niche yang tetap jelas memiliki lebih banyak keuntungan daripada blog gado-gado.

Lalu mengapa memilih blog niche?

  1. Mudah menentukan target pembaca (promosi)

Setiap blogger pasti ingin memiliki visitor yang banyak serta stabil, salah satu cara untuk mendapatkan visitor adalah melakukan riset pasar dan juga promosi.

Nah, jika blog anda memiliki niche yang memang spesifik dan tetap, anda akan lebih mudah dalam melakukan hal itu.

Misalnya saja niche anda adalah Digital Marketing, maka sudah pasti target pembaca anda adalah para praktisi Digital Marketing seperti blogger, marketer, pelaku bisnis dan lainnya.

Oleh karena itu anda juga semakin mudah untuk Menyusun strategi periklanan, strategi promosi dan lainnya.

Anda juga bahkan bisa menyesuaikan gaya penulisan anda agar sesuai dengan target pasar anda.

Hal ini berbeda dengan blog gado-gado, karena isi kontennya juga ngacak dan campur, anda jadi kesulitan untuk menentukan “konten ini cocoknya untuk siapa?”.

  1. Pembaca yang setia

Jika blog anda memiliki niche yang spesifik, pembaca anda juga akan orang-orang yang fokusnya pada hal spesifik tersebut.

Contohnya, jika blog anda memiliki niche Pendidikan, maka pembaca-pembaca anda tidak akan jauh-jauh dari pelajar, mahasiswa ataupun guru.

Jadi kesempatan anda untuk mendapatkan pembaca setia, atau pembaca tetap semakin besar.

Hal ini dikarenakan pembaca merasa bahwa blog anda tersebut menjawab kebutuhan-kebutuhan anda.

Besar juga kemungkinan pembaca-pembaca tersebut mengunjungi blog anda lagi untuk mencari topik yang berkaitan di niche Pendidikan.

  1. Lebih mudah di monet

Sudah pasti kebanyakan orang yang nge-blog itu karena ingin mendapatkan penghasilan, bahkan banyak sekali orang yang menjadikan blogging sebagai bisnis.

Jika anda memiliki blog yang berniche, blog anda tersebut akan lebih mudah dimonet.

Anda juga bisa mendapatkan CPC iklan yang tinggi karena target pasar (market) blog anda sudah ditentukan.

Misalnya blog anda adalah tentang SEO, maka besar kemungkinan CPC iklan yang anda dapatkan sesuai dengan kondisi pasar (market) SEO.

  1. Kesempatan affiliate marketing semakin besar

Blog yang memiliki niche sangat cocok dan tepat untuk diikutkan affiliate marketing.

Mengapa? Karena blog yang berniche memiliki target pembaca (audience) yang spesifik dan pasti.

Contohnya, blog yang berniche bisnis pasti akan memiliki pembaca (audience) pelaku bisnis, dan lainnya.

Oleh karena itu kesempatan untuk mengikuti affiliate marketing semakin besar, terutama affiliate yang berkaitan dengan bisnis, seperti produk digital bisnis, kursus bisnis, buku bisnis, dan lainnya.

  1. Nambah ilmu

Jika anda memiliki blog yang memiliki niche yang spesifik, pengetahuan anda mengenai niche tersebut juga pasti semakin dalam.

Meskipun bukan anda yang nulis di blog anda, tetapi anda pasti membaca konten-konten artikel blog anda.

Misalnya niche blog anda adalah tentang Coding. Jadi selain anda berbagi pengetahuan dan ilmu coding dengan pembaca-pembaca anda, anda juga bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru di bidang coding.

Rumusnya adalah semakin lama anda focus di bidang tertentu, semakin kaya dan mendalam pengetahuan anda tentang itu.

Kesimpulan

Lalu bagaimana cara memilih niche blog yang tepat?

Anda bisa menemukan panduan lengkap mengenai cara memilih niche blog yang tepat disini. Selain mendapatkan panduan mengenai cara memilih niche, anda juga akan mendapatkan ide-ide niche blog yang populer.

Related posts